Jangan Salah, Ini Bedanya Bus Besar dengan Bus Maxi

Kompas.com - 09/03/2021, 18:41 WIB
Bus AKAP baru PO STJ INSTAGRAM/IPAN_FANANI18Bus AKAP baru PO STJ

JAKARTA, KOMPAS.comBus masih menjadi moda transportasi umum yang diminati. Memiliki harga yang relatif ekonomis serta mudah diakses menjadi pilihan banyak penumpang tetap menggunakan bus.

Bus sendiri secara umum terbagi jadi beberapa jenis, mulai dari kecil, sedang, besar, maxi, gandeng, tempel, dan tingkat.

Berdasarkan jenis ini, ada dua jenis bus yang bentuknya serupa, tapi sebenarnya berbeda, yaitu bus besar dan maxi.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2021 Pasal 5 Ayat 3 huruf (c), bus besar memiliki Jumlah Berat yang Diperbolehkan (JBB) lebih dari 8 ton sampai 16 ton. Kemudian panjangnya lebih dari 9m sampai 12m.

Baca juga: Di Tangan Builder Asal Gunungkidul, Sedan Biasa Diubah Jadi Supercar

Bus AKAP baru PO BejeuINSTAGRAM/ATHA ARIQ RAZAQ Bus AKAP baru PO Bejeu

Bus besar ini biasanya bisa dipasang ke sasis seperti Hino R260, RN285, Mercedes Benz OH 1525, 1526, 1626. Mengingat sasis yang disebutkan tadi memiliki GVW sekitar 14 ton sampai 16 ton.

Kemudian untuk bodi bus besar yang ada di Indonesia seperti Avante H7 dan H8 buatan Tentrem, Jetbus HDD dan MHD buatan Adiputro serta Legacy SR2 HD Prime dan Transporter buatan Laksana dan lainnya.

Sedangkan untuk maxi bus, berdasarkan PP yang sama huruf (d), bus jenis ini memilik JBB di atas 16 ton sampai 24 ton. Kemudian untuk dimensi panjangnya, lebih dari 12m sampai 13,5m.

Baca juga: Kata Rossi Usai Pakai Motor Baru di Sesi Tes Qatar

Sasis dengan yang bisa dipakai untuk maxi bus yakni Mercedes Benz OH 1836, 2542, Scania K360iB, K410iB, serta Volvo B11R. Bus maxi ini bisa dipasangkan ke sasis tronton atau triple axle, namun memiliki panjang yang berbeda.

“Kalau XHD dengan sasis biasa, panjangnya 12,8 meter. Sedangkan kalau pakai sasis tronton panjangnya jadi 13,5 meter,” ucap Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto kepada Kompas.com belum lama ini.

Bus AKAP PO Rosalia IndahInstagram/hisyam_2542 Bus AKAP PO Rosalia Indah

Untuk bodi maxi bus yang tersedia di pasaran sebenarnya ada banyak, seperti model-model Super High Deck (SHD). Misalnya Legacy SR2 XHD Prime milik Laksana, Jetbus 3 SHD Adiputro, Avante H9 Tentrem, dan bodi-bodi SHD dari karoseri lainnya.

“Untuk Indonesia, wacananya bus maxi dengan sasis GVW 18 ton cuma boleh 12m panjang maksimalnya. Kita tunggu ketok palunya nanti bagaimana saja,” kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.