Di Tangan Builder Asal Gunungkidul, Sedan Biasa Diubah Jadi Supercar

Kompas.com - 09/03/2021, 08:42 WIB
Mobil 'Supercar' Buatan Suharyanto pemilik bengkel modifikasi asal Gunungkidul, Yogyakarta. KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOMobil 'Supercar' Buatan Suharyanto pemilik bengkel modifikasi asal Gunungkidul, Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Suharyanto (42) adalah nama pemilik bengkel modifikasi, tempat mengubah berbagai mobil biasa menjadi supercar.

Bengkel bernama High Class Autocustom and Replicar tersebut terletak di Padukuhan Nogosari III, Kalurahan Bandung, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Sejak unggahan video yang menampilkan mobil sport warna kuning melaju di jalanan Gunungkidul viral di sosial media, nama Suharyanto kian terkenal. 

Mobil tersebut menggunakan dasar Mitsubishi Galant lansiran tahun 2020, yang diubah menyerupai Lamborghini Aventador.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Material Pelek Mobil

Pria kelahiran Playen, Gunungkidul ini telah memulai usaha modifikasi mobil sejak lima tahun yang lalu. Suharyanto mendirikan bengkel modifikasi mobil mewah agar berbeda dengan bengkel-bengkel modifikasi lain yang sudah ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika dihubungi Kompas.com pada Senin (8/3/2021), Suharyanto mengaku butuh waktu hingga satu tahun untuk mengubah total sebuah mobil sedan menjadi mobil sport.

"(Membutuhkan) satu tahun untuk memindahkan mesin, mengerjakan body, proses mengerjakan interior, pendempulan, komplet. Jadi masuk (ke bengkel) masih mobil biasa, keluar sudah jadi," kata Suharyanto.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham Perbedaan Mobil BEV, HEV dan PHEV

Hasil modifikasi di bengkel milik Suharyanto sebelum Lamborghini Aventador kuning yang viral.Suharyanto Hasil modifikasi di bengkel milik Suharyanto sebelum Lamborghini Aventador kuning yang viral.

Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam memodifikasi mobil oleh Suharyanto diawali dari desain skala, lalu mengerjakan kaki-kaki, dilanjutkan pemindahan mesin. Ketika sudah berfungsi dengan normal, dilakukan test drive dalam kondisi body belum terpasang. Setelah selesai, body dipasang, lalu proses pengelasan, pendempulan, pengecatan, hingga finishing.

Ketika ditanya, Suharyanto mengaku proses tersulit dalam mengubah mobil sedan biasa menjadi mobil sport adalah ketika memindahkan seluruh mesin ke bagian belakang mobil.

"Kesulitannya di bagian pemindahan mesin, perlu (pengerjaan) yang detail, memakan banyak waktu, semuanya harus center, presisi. Sistem perkabelan, sistem kopling, itu yang harus benar-benar presisi," ucap Suharyanto.

Baca juga: Komparasi Dimensi City Hatchback Lawan Yaris, Mazda2 dan Baleno

Proses modifikasi di bengkel milik SuharyantoSuharyanto Proses modifikasi di bengkel milik Suharyanto

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X