Satlantas Polrestabes Surabaya Siapkan 37 Kamera Tilang Elektronik

Kompas.com - 02/03/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik https://ntmcpolri.info/Ilustrasi kamera tilang elektronik

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya telah menyiapkan 37 kamera pengawas aktif untuk mendukung program tindakan hukum berupa tilang secara elektronik nasional bagi pelanggar lalu lintas.

Bahkan, tiap harinya pihak kepolisian di wilayah terkait sudah berikan surat pelanggaran elektrik kepada pengguna mobil maupun motor yang melakukan penyimpangan dalam berkendara.

"Ini juga diambil sesuai program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam program 100 hari kerjanya. Kita sudah 100 persen siap dengan 37 kamera pengawas," kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra dalam keterangan resmi, Senin (1/3/2021).

Baca juga: ETLE Disebut Mampu Tingkatkan Disiplin Berkendara dan Bayar Pajak

Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***
 

Polrestabes Surabaya, lanjut dia, sudah setahun lebih menjalani tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) ini. Lebih lanjut, 37 kamera pengawas tersebut terbagi di 30 kamera jalan, 1 mobil patroli, dan enam kamera body camp Satlantas.

Dengan begitu, Satlantas sudah bisa menjalankan system E-Tilang ini. Bahkan akan dilakukan penambahan kamera baik di body camp personil atau trobosan baru nantinya.

Melalui kamera itu, pencatatannya tersimpan langsung dalam data base pelanggaran Ditlantas Polda Jatim.

Menurut catatan Satlantas Polrestabes Surabaya, saat ini sudah ada 100 pelanggaran yang terekam tiap harinya. Mereka mendapatkan surat E-tilang di rumahnya agar segera melakukan pengurusan.

Jika tidak, maka system akan mencatat pelanggaranvterssbut di data base Register Identifikasi (Regiden) Ditlantas Polda Jatim.

Baca juga: Jangan Halangi Jalan Truk, Ingat Truk Tidak Bisa Berhenti Mendadak

Layar monitor mengawasi pengendara di jalur protokol Kota SerangDok Humas Polda Banten Layar monitor mengawasi pengendara di jalur protokol Kota Serang

“Banyak yang melanggar pada 37 kamera saja kita mencatat minimal ada 100 pelanggaran perhari. Jika tidak diurus tilangnya maka akan tersimpan di data base,” papar Teddy.

Apabila pengendara tetap abai dalam waktu yang ditentukan, secara terpaksa petugas bakal melakukan pemblokiran perpanjangan pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Akan diblokir dan pemilik kendaraan bisa mati pajak alias tak bisa memperpanjang pajak kendaraannya. Jadi saya harapkan supaya pemilik kendaraan yang terkena tilang untuk mengurusnya hingga selesai di pengadilan," ucap Teddy.

"Jika merasa ribet, susah atau gak ada waktu kita ingatkan jangan melanggar lalu lintas,” tegasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X