Dua Posisi Unik Penempatan AC Bus, di Atap dan Atas Mesin

Kompas.com - 02/03/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus yang ada di Indonesia umumnya sudah menggunakan AC sebagai fiturnya. Tentu saja dengan adanya AC ini, kabin bus menjadi lebih adem ketika cuaca di luar bus sedang panas.

Bus yang menggunakan AC ini biasanya memiliki kondensor yang ada di bagian atap. Posisi kondensor ini biasanya ada di tengah-tengah atap bus dan ada juga yang ada di belakang bus, di atas mesin belakang.

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, posisi kondensor AC bus yang ada di atap dan beakang bus bukan berarti tanpa alasan.

Baca juga: Inden Toyota Raize Mulai Dibuka, Simak Estimasi Harganya

AC busKompas.com/Fathan Radityasani AC bus

“Rata-rata memang di tengah bodi bus, dari sisi efisiensi, aliran udara AC yang baik ketika posisinya ada di tengah,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Selain itu, ketika posisi kondensor ada di tengah, tugas blower AC yang mengalirkan udara dingin ke sisi depan dan belakang kabin jadi sama. Namun berbeda ceritanya dengan posisi kondensor AC yang ada di belakang.

Baca juga: Insentif Pajak 0 Persen Mulai Berlaku, Harga Mobil Toyota Turun sampai Rp 65 Juta

“Yang AC di belakang, mungkin untuk bus tingkat. Mengingat ketinggian bus maksimal 4,2m jadi biar tidak menambah tinggi bus tadi. AC belakang juga memiliki spesifikasi khusus,” ucap Deddy.

Deddy mengatakan, semakin dekat posisi AC dengan kompresor yang ada di mesin, membuat sistemnya semakin efisien. Hal ini dikarenakan jarak sirkulasi freon dingin yang semakin pendek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.