Simak Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Kompas.com - 02/03/2021, 08:51 WIB
Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri. DOK. SIM/Bank KanchanavilaiIlustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru saja mengalami kenaikan harga pada Februari lalu, kini memasuki bulan ketiga tahun 2021, harga low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah kembali turun.

Hal tersebut lantaran berlakunya kebijakan insentif PPnBM 0 persen yang dikeluarkan pemerintah sebagai upaya meningkatkan penjualan sekaligus mendorong perekonomian nasional.

Berdasarkan kebijakan yang tertuang pada Kepmenperin No 169 Tahun 2021, hampir rata-rata MPV murah mengalami penurunan harga. Dasarnya karena kebanyakan sudah memproduksi mobil di Indonesia dan memiliki tingkat kandungan lokal 70 persen yang sesuai regulasi.

Baca juga: Insentif Pajak Berlaku, Berapa Harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize?

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

Nah, penurunan harga MPV murah pada Maret 2021 jumlahnya lumayan karena berdasarkan data yang dikeluarkan agen tunggal pemegang merek (ATPM), kisarannya rata-rata di atas Rp 10 juta.

Contoh seperti MPV sejuta umat Toyota, yang turun hingga Rp 13 jutaan, lalu Wuling sebesar Rp 11,5 juta, Suzuki Rp 13 juta, dan Daihatsu mencapai Rp 14,750 juta.

Menariknya lagi, penurunan harga Daihatsu Xenia diklaim belum termasuk dengan promo atau diskon yang diberikan dari diler. Dengan demikian, harganya bisa lebih turun lagi.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, penurunan harga on the road di Jakarta dampak PPnBM belum termasuk dengan adanya diskon yang juga akan digelontorkan pada bulan ini.

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Baca juga: Resmi, Harga XL7 dan Ertiga Turun Rp 13 Juta, Imbas PPnBM 0 Persen

"Penurunannya untuk Daihatsu Xenia itu mulai dari Rp 12,2 juta sampai Rp 14,750 juta, tapi itu belum termasuk dengan diskon yang akan diberikan untuk masing-masing model di Maret ini," kata Hendrayadi kepada Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Adapun untuk penurunan harga Honda Mobilio, meski belum dijabarkan per varian, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy sudah membocorkan kisarannya.

"Untuk daftar harga relaksasi PPnBM tiap varian, nanti akan dikeluarkan dari masing-masing diler, bukan dari HPM. Tapi kisarannya untuk Mobilio itu mulai dari Rp 11,4 juta sampai Rp 15 jutaan," kata Billy.

Honda MobilioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Mobilio

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X