Jangan Halangi Jalan Truk, Ingat Truk Tidak Bisa Berhenti Mendadak

Kompas.com - 01/03/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar di internet video yang memperlihatkan truk menghindari hadangan anak-anak sehingga menabrak rumah di pinggir jalan.

Kebiasaan anak-anak yang mengadang truk ini memang terjadi sejak lama. Namun tidak sedikit dari kejadian ini yang mengakibatkan kerugian, baik dari pengemudi truk atau anak-anak yang terlindas truk.

Berbeda dengan mobil biasa, truk tidak bisa berhenti secara mendadak. Jadi ketika diadang dan mengerem mendadak, jarak berhenti truk bisa jauh dan menabrak apa yang mengadangnya.

Baca juga: Insentif Pajak 0 Persen Mulai Berlaku, Harga Mobil Toyota Turun sampai Rp 65 Juta

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, ada empat faktor utama di dalam berhentinya kendaraan.

Pertama respon manusia, semakin tua, maka semakin lambat responnya yang membuat jarak berhenti lebih jauh.

“Faktor kedua adalah kecepatan, semakin cepat laju kendaraan, maka semakin jauh titik berhenti kendaraan,” kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Cuma 21 Mobil yang Dapat Insentif Pajak 0 Persen, Ini Daftarnya

Ketiga, semakin berat bobot kendaraan, maka semakin jauh titik berhenti dan terakhir elevasi dan permukaan jalan. Jalan menurun dan licin, membuat titik berhenti kendaraan semakin jauh.

Truk bisa ngerem mendadak, cuma berhentinya yang jauh. Belum lagi kendaraan yang tidak terawat, dia ngeremnya senin, berhentinya kamis. Perlambatan roda memang terjadi, namun jika bebannya besar, yang ada roda selip dan tetap melaju truknya,” ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.