CBR1000RR Vs Ayla, Mana Biaya Servis yang Lebih Mahal?

Kompas.com - 21/11/2020, 11:41 WIB
Daihatsu Ayla tabrak motor Honda CBR1000RR SP di daerah Purwokerto instagram.com/layzmotorDaihatsu Ayla tabrak motor Honda CBR1000RR SP di daerah Purwokerto
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini perseteruan pengendara motor besar ( moge) CBR1000RR SP dengan pengemudi mobil Daihatsu Ayla, ramai menjadi perbincangan di jagat maya.

Fokus pembahasan bukannya keributan yang terjadi antara dua pengendara saat berada di jalan raya yang menjadi awal mula kejadian.

Tetapi, kerugian yang diakibatkan karena motor supersport seharga Rp 699 juta mengalami rusak setelah ditabrak oleh pengemudi mobil Ayla.

Meski antara kedua pihak yang bertikai sudah berdamai dan mengakui kesalahannya, tetapi kejadian ini masih hangat dibicarakan.

Baca juga: Jika SIM Hilang, Pemilik Harus Bikin Baru Lagi?

Selain harganya yang mempunyai selisih cukup jauh, berapa sih kisaran biaya servis untuk kedua jenis kendaraan ini. Lebih mahal biaya servis Daihatsu Ayla atau Honda CBR1000RR SP?

Test Drive Daihatsu AylaKompas.com/Dio Test Drive Daihatsu Ayla

Executive Coordinator Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, untuk perawatan mobil Ayla dilakukan secara berkala setiap enam bulan sekali atau setiap 10.000 kilometer sekali.

“Untuk perawatannya setiap enam bulan atau 10 kilometer sekali, untuk list pekerjaan atau perawatan tergantung dengan yang ada di buku garansi kendaraan,” kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Mengenai biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik mobil, kata Bambang, rata-rata biaya servis rutin mencapai Rp 700.000.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Biaya Mengurus SIM yang Hilang

“Biaya ini tergantung juga dengan kilometer yang sudah ditempuh oleh kendaraan itu. Tetapi rata-rata segitu,” ucapnya.

Bambang juga mengatakan, biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan juga bisa lebih besar jika ada komponen yang perlu dilakukan penggantian.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SPHonda North America Honda CBR1000RR-R Fireblade SP

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X