Anti Lemot, Ini Teknik Benar Menyalip Kendaraan Lain Pakai Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 13/11/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi menyalip. KOMPAS.com / StanlyIlustrasi menyalip.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bertransmisi otomatis atau matik memiliki banyak perbedaan dibandingkan mobil bertransmisi manual. Selain pengoperasian dan perawatannya, teknik menyalip kendaraan lain pun berbeda.

Saat akan menyalip atau mendahului kendaraan lain yang berada tepat di depan, butuh akselerasi lebih atau meningkatkan kecepatan.

Baca juga: Begini Posisi Kaki yang Benar Saat Mengemudi Mobil Transmisi Matik

Namun, sebagian pengendara beranggapan bahwa mobil matik kurang responsif dalam berakselerasi. Sebab, perpindahan giginya cenderung telat mengikuti putaran mesin. Hasilnya, pengendara tersebut kehilangan momentum untuk menyalip.

Tuas transmisi otomatis Suzuki celerioOtomania/Setyo Adi Tuas transmisi otomatis Suzuki celerio

Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), sebenarnya tingkat responsif mobil matik dengan mobil manual tak jauh berbeda, asalkan pengoperasiannya benar.

"Dalam kondisi akan mendahului atau overtaking kendaraan yang berada di depan, pengemudi bisa memaksimalkan kemampuan mesin," ujar Bambang, dalam diskusi virtual, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nyetir Mobil Transmisi Matik, Jangan Biasakan Injak Rem Pakai Kaki Kiri

Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan sebelum menyalip. Pengendara harus memastikan atau memperhitungkan juga jarak dan momentum kecepatan mobil.

"Saat menyalip (pengguna mobil Daihatsu), pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis dari posisi D ke posisi D-3. Usai mendahului, baru kembalikan tuas ke posisi D. Tapi pastikan jarak yang akan diambil aman," kata Bambang.

Fenome menyalip dari kiri di ruas Panturan saat Komprasi Jalur Trans Jawa Fenome menyalip dari kiri di ruas Panturan saat Komprasi Jalur Trans Jawa

Menurut Bambang, cara ini memang tidak mudah dan butuh penyesuaian. Khususnya, ketika ingin menyalip saat jalur menanjak. Bagi yang belum terbiasa, mungkin cara ini kurang nyaman. Tapi, akan lebih baik jika mulai dibiasakan.

Lalu, yang tak kalah penting juga mengetahui kemampuan mobil. Jika memang tidak memungkinkan untuk menyalip, sebaiknya bersabar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X