Begini Cara Mudah Cek Kebocoran Oli Transmisi pada Mobil Matik

Kompas.com - 13/11/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi proses mengganti oli transmisi otomatis Otomania/Setyo AdiIlustrasi proses mengganti oli transmisi otomatis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil perlu dirawat, baik eksterior, interior, dan juga mesinnya. Selain enak dilihat, mobil juga jadi nyaman untuk dikendarai.

Tapi, seiring dengan penggunaan, beberapa komponen bisa saja mengalami kerusakan. Salah satunya adalah kebocoran oli pada sistem transmisi matik.

Baca juga: Begini Posisi Kaki yang Benar Saat Mengemudi Mobil Transmisi Matik

Training Department Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima Barus, mengatakan, penyebab kebocoran tersebut beragam, mulai dari kerusakan saluran fluida, pelat transmisi, hingga penggunaan.

Komponen transmisi matikAditya Maulana, KompasOtomotif Komponen transmisi matik

"Hal ini harus segera diatasi, karena jika abai, oli bisa berkurang dan berdampak pada komponen penting lainnya," ujar Aji, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Aji menambahkan, ada dua cara untuk mengecek kebocoran tersebut. Pertama, dengan menggunakan dipstick oli transmisi yang umumnya sudah tersedia di mobil.

Pada dipstick, biasanya terdapat tulisan Hot (H) dan Cool (C). Jika mesin mobil sudah dipanaskan, namun oli transmisi berada di bawah C, berarti volume oli transmisi berkurang.

"Penggunaan dipstick cukup mudah, tidak perlu keahlian khusus. Pemilik mobil hanya perlu membuka kap mesin dan melihatnya," kata Aji.

Baca juga: 6 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

Selain menggunakan dipstick, cara lain untuk mengecek kebocoran adalah melihat langsung ke bagian kolong mobil. Jika oli transmisi matik ada kebocoran, di lantai akan terdapat tetesan oli.

Biasanya, oli akan merembes dari bagian transmisi. Tapi, lama kelamaan akan menetes ke lantai. Sehingga, bisa dilihat saat memindahkan mobil usai diparkir cukup lama.

"Bisa juga melihat di sekeliling bagian mesin dan transmisi, kalau ada rembesan oli berarti oli memang bocor," ujar Aji.

Saat menemui adanya kebocoran, penting untuk segera menghubungi bengkel resmi terdekat agar tidak timbul masalah yang lebih besar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X