Ini Dampak Buruk Jika Oli Transmisi Matik Mengalami Overheat

Kompas.com - 13/11/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi mobil mogok SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil mogok

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bermotor perlu dijaga temperaturnya agar dapat bekerja secara optimal. Saat suhunya berlebih atau overheat, maka akan berdampak buruk pada beberapa komponen.

Overheat juga bisa dialami oleh oli transmisi otomatis alias matik. Temperatur ideal pada oli transmisi yang dianjurkan oleh pabrikan berkisar antara 70-90 derajat Celcius.

Baca juga: Begini Posisi Kaki yang Benar Saat Mengemudi Mobil Transmisi Matik

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, mengatakan, oli transmisi matik yang bersirkulasi perlu dijaga suhunya agar tidak terjadi overheat. Jika hal tersebut sampai terjadi, kemungkinan ada beberapa komponen yang rusak.

Komponen transmisi matikAditya Maulana, KompasOtomotif Komponen transmisi matik

"Contohnya, pada mobil Daihatsu yang menggunakan jenis transmisi hydraulic automatic transmission, komponen paling pertama yang terkena dampak adalah disc dan flange atau kampas kompling," ujar Bambang, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, kompenen tersebut berada di dalam planetary gear unit dan saling bergesekkan ketika berkerja, jadi besar potensinya untuk rusak. Beda lagi kalau jenis transmisi mobilnya lain.

Baca juga: 6 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

Termasuk juga dengan komponen planetary carrier yang mengalami gesekkan. Di sana, terdapat long planetary gear, short planetary gear, serta front sun gear.

Jika panas oli tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, pelumasan pada komponen terkait juga tidak akan optimal dan efeknya bisa rusak. Maka itu, penting untuk memerhatikan masa pergantian oli dan jenis oli yang digunakan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X