Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyetir Mobil Transmisi Matik, Jangan Biasakan Injak Rem Pakai Kaki Kiri

Kompas.com - 12/11/2020, 12:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbedaan paling terlihat pada mobil matik dibanding mobil manual, ada di pedalnya. Mobil matik hanya dibekali dua pedal, yakni rem dan gas.

Sementara mobil manual, memiliki satu pedal tambahan, yaitu pedal kopling. Tentunya, gaya berkendaranya juga berbeda.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Begini Cara Gunakan Engine Brake pada Mobil Matik

Banyak yang sulit menghilangkan kebiasaan menginjak pedal rem menggunakan kaki kiri pada mobil matik. Padahal, kebiasaan tersebut salah dan bahkan termasuk berbahaya.

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, menggunakan kaki kanan lebih aman. Sebab, pengemudi bisa merasakan tekanan yang dibutuhkan.

"Paling aman dengan satu kaki saja, yaitu kaki kanan. Ini karena pengemudi bisa merasakan feeling untuk mengontrol tekanan ke pedal gas dan pedal rem,” kata Jusri kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Benarkah Mobil Matik Lebih Rawan Alami Rem Blong?

Bahaya menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem, karena ditakutkan tekanannya terlalu kuat. Sehingga, saat ada objek di depan, mobil bisa berhenti mendadak karena menginjak rem terlalu keras.

“Ini berbahaya karena mobil bisa ngerem mendadak, membahayakan penumpang dan pengguna jalan lain. Kecuali untuk kebutuhan balap di sirkuit, biasanya menggunakan dua kaki sekaligus,” ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com