Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2020, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKenyamanan merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan saat memilih bus untuk bepergian jarak jauh. Salah satu yang menopang kenyamanan penumpang di bus, yaitu adanya sandaran kaki atau leg rest.

Biasanya leg rest menyatu dengan kursi dan hanya ada satu bagian. Namun berbeda dengan produk baru PT Rimba Kencana dengan merek Hai. Perusahaan pembuat kursi asal Malang ini membuat kursi dengan dua leg rest atau foldable leg rest.

Bedanya dengan kursi bus leg rest biasa yaitu adanya sandaran kaki yang dilipat, sehingga bisa menjadi lebih panjang. Dengan leg rest yang lebih panjang ini, seluruh kaki penumpang tertopang dengan baik, bukan hanya bagian betisnya saja.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Penggerak Roda Depan Cenderung Sulit Menanjak?

 

Marketing PT Rimba Kencana, Yohan Wahyudi mengatakan, kursi dengan foldable leg rest ini merupakan inovasi terbaru dari Hai Rimba Kencana dan akan dipasang pada unit bus tingkat terbaru milik Sukun Kudus.

“Untuk dek bawah, memakai formasi satu kursi di kiri dan dua di kanan (1-2) dengan bangku super executive. Sedangkan yang lantai dua, pakai tipe TCC Jumbo seperti pada bus Rosalia Indah,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Untuk teknis melipatnya, bagian bawah ditumpuk ke leg rest yang atas. Jika ingin memperpanjang leg rest, bisa melepas kaitan dengan velcro dan membuka lipatan ke arah bawah, sehingga kaki lebih tertopang dengan baik.

Baca juga: Jasa Marga Imbau Masyarakat Tak Kembali ke Jakarta Besok, Ini Alasannya

Kursi double leg restAndrew Transportation Gallery Kursi double leg rest

Sebelumnya memang ada satu Perusahaan Otobus (PO) yang khas dengan double leg restnya, yaitu PO Mulyo Indah. Namun kursi double leg rest di PO Mulyo Indah merupakan produk lama, sehingga kurang mulus penampilannya.

Dengan adanya produk terbaru dari Rimba Kencana ini, semoga semakin banyak ditemukan bus dengan leg rest yang panjang. Kursi double leg rest ini bisa menopang penuh kaki penumpang sehingga dalam perjalanan jauh bisa semakin nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.