Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Imbau Masyarakat Tak Kembali ke Jakarta Besok, Ini Alasannya

Kompas.com - 31/10/2020, 12:42 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 504.140 kendaraan pergi meninggalkan Jakarta pada musim libur panjang Maulid Nabi. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan kemacetan panjang saat arus balik yang puncaknya diprediksi akan terjadi pada 1 November 2020.

Untuk menghindari kepadatan dan kemacetan panjang, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, mengimbau masyarakat untuk pulang lebih awal dan menghindari puncak kepadatan.

"Jasa Marga telah mencatat sebanyak 509.140 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode tiga hari libur cuti bersama (27-29 Oktober 2020). Jumlah volume lalu lintas itu naik 40,3 persen dibandingkan saat kondisi normal," kata Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Antisipasi Covid-19, Hindari Puncak Arus Balik

Demi kenyamanan dan keamanan, Heru menegaskan bila sangat penting bagi masyarakat pengguna jalan tol yang berlibur atau pun pulang kampung, untuk melakukan perjalanan balik lebih awal guna menghindari potensi kepadatan lalu lintas.

Petugas mengatur arus lalu lintas di lokasi penerapan contraflow Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, Kamis (29/10/2020)DOKUMENTASI PRIBADI Petugas mengatur arus lalu lintas di lokasi penerapan contraflow Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, Kamis (29/10/2020)

Beberapa rekayasa lalu lintas juga sudah disipkan sebagai mitigasi penanganan membludaknya kendaraan saat puncak arus balik. Jasa Marga mengklaim telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian guna penerapan contraflow.

"Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta lebih awal. Kami mohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak kembali ke Jakarta di hari Minggu," ujar Heru.

Baca juga: Dalam Waktu Dekat Tol Layang Jakarta-Cikampek Segera Bertarif

"Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 Simpang Susun Dawuan serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52," kata dia.

Tak hanya itu, untuk memastikan kelancaran, Jasa Marga juga mengatakan bila pekerjaan di jalan tol yang sifatnya berpotensi menggangu lajur akan dihentikan sementara. Termasuk pekerjaan mobilisasi pelaralatan.

Kepadatan kendaraan menuju Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2020). Tingginya antusias warga untuk berlibur di kawasan Puncak Bogor pada libur panjang Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah dan libur akhir pekan membuat kepadatan terjadi di sejumlah titik, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup jalur dan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya Kepadatan kendaraan menuju Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2020). Tingginya antusias warga untuk berlibur di kawasan Puncak Bogor pada libur panjang Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah dan libur akhir pekan membuat kepadatan terjadi di sejumlah titik, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup jalur dan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Heru mengingatkan ada pengguna jalan memastikan dalam kondisi prima, termasuk untuk kendaraannya. Tetap mematuhi protokol kesehatan, serta pastikan ketersediaan BBM serta saldo uang elektroniknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com