Mengencangkan Baut Roda Mobil Memang Harus Diagonal?

Kompas.com - 27/10/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. afroautos.comIlustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti roda pada mobil perlu dilakukan jika mengalami ban bocor di tengah jalan. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuka baut roda, kemudian melepas yang kempis kemudian dipasang ban serep.

Ketika mengencangkan baut roda, sebenarnya ada teknik sendiri, yaitu dengan cara pasang diagonal. Biasanya kendaraan kecil memiliki empat atau lima baut roda. Lalu kenapa mengencangkan baut roda harus diagonal?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan, mengencangkan baut roda dengan cara diagonal dilakukan agar rata antara permukaan pelek dengan drum (tromol) atau hub.

Baca juga: Jangan Lewat Calo, Ini Biaya Resmi Bikin SIM A dan C

Cara kencangkan baut roda diagonalautoexpose Cara kencangkan baut roda diagonal

“Kalau diurut, bisa tidak rata yang dapat menyebabkan oleng, walaupun kekencangan bautnya sudah sesuai standar,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Roda yang oleng yaitu yang bergoyang-goyang ketika mobil sedang berjalan. Goyangnya roda dikarenakan pelek yang tidak duduk sempurna di drum atau hub. Efeknya, mobil jadi tidak stabil, dan tidak bisa kencang.

“Lubang yang di pelek ataupun bautnya bisa rusak juga, karena posisinya yang jadi miring. Kalau sudah parah, harus diganti, tapi kalau masih miring saja, bisa diperbaiki,” kata Bambang.

Baca juga: Operasi Zebra 2020 Dimulai, Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar

Walaupun roda sudah sampai goyang, Supriyadi mengatakan kalau tidak akan sampai copot dari hubnya. Kalau roda yang copot, disebabkan bautnya yang putus. Ini bisa disebabkan baut yang terlalu kencang saat memasang ban.

Baut putus dikarenakan cara mengencangkan baut yang kelewat kencang. Biasanya tidak diukur kekuatannya karena digenjot-genjot pakai kaki,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.