BMW Kembangkan Sayap Aktif di Motor

Kompas.com - 17/09/2020, 19:11 WIB
Teknologi sayap aktif BMW Motorrad Teknologi sayap aktif BMW Motorrad
|


JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad sedang mengembangkan teknologi baru berupa perangkat aero aktif, yakni semacam winglet atau sayap aktif yang bisa bergerak menyesuaikan kondisi motor.

Gambar paten tersebut bocor dari kantor paten di Jerman. Ditengarai, teknologi winglet yang bisa bergerak ini akan dipakai di motor produksi jalan raya yang butuh aerodinamika lebih baik.

Dari gambar dapat dilihat BMW punya dua skema. Pertama yakni sayap aktif di faring dan samping jok pembonceng, dan skema kedua sayapnya terletak di garpu (suspensi) depan serta lengan ayun belakang.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Volvo Utuh dan Fortuner Remuk Saat Tabrakan

Konsep sayap aktif ini sebetulnya bukan hal yang benar-benar baru, sebelumnya Honda juga pernah mengembangkan hal serupa. Bedanya, sayap di BMW ini dirancang lebih solid alias menyatu dengan bodi.

Sayap aktif BMW Motorrad Sayap aktif BMW Motorrad

Tebakannya ialah tiap sayap bisa bergerak secara independen sehingga menghasilkan gaya tertentu yang lebih baik. Mulai dari tingkat aerodinamis, hingga gaya tekan alias downforce yang lebih tinggi.

Teknologi sayap aktif ini ditengarai merupakan langkah BWM untuk antisipasi di ajang WSBK. Jika peraturan soal winglet mulus maka konsep ini bisa dipakai di motor produksi massal yakni BMW S1000RR.

Baca juga: [VIDEO] Masih Banyak Pengendara Tak Paham Penggunaan Lampu

Belakangan ini BMW memang terlihat getol mengembangkan berbagai teknologi di roda dua. Sebelum paten sayap aktif terungkap, BMW juga ketahuan mengembangkan lengan ayun yang menyatu dengan sasis.

Kendati demikian, sama seperti bocoran gambar paten yang lain, hal ini tidak menjamin BMW akan membuatnya dalam produksi massal. Paten lebih ke arah melindungi kekayaan intelektual agar tidak dibajak pihak lain.



Sumber motorbeam
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X