Penjelasan Kenapa Volvo Utuh dan Fortuner Remuk Saat Tabrakan

Kompas.com - 17/09/2020, 16:41 WIB
Volvo 960 ADACVolvo 960

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, media sosial dihebohkan dengan berita kecelakaan antara Toyota Fortuner dengan Volvo 960 GL.

Kehebohan terjadi karena kondisi kedua kendaraan tersebut benar-benar berbanding terbalik.

Tampak bagian depan Fortuner remuk, bahkan bisa dibilang rusak cukup parah. Sementara Volvo, hanya mengalami kerusakan kecil di bagian bumper, tapi bodi masih utuh.

Baca juga: Usai New Yaris, Toyota Siapkan Peluncuran Fortuner Baru?

Volvo memang dijuluki "Tank dari Swedia", karena terkenal dengan bodinya yang kuat. Mobil ini dibekali fitur keselamatan Side Impact Protection System ( SIPS).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Volvo vs Fortuner di Tol dalkot arah Tanjung Priok, Selasa (15/9). Foto: Detikcom #volvo #fortuner #automotive

A post shared by INFIA - Automotive (@infia_automotive) on Sep 15, 2020 at 9:56pm PDT

Sistem keamanan pasif ini dirancang dengan sangat kuat untuk melindungi kabin dari hantaman saat tabrakan dari samping.

Bahkan, hampir seluruh bagian bodi, lantai, dan atap juga diperkuat lagi.

GOA

Sementara Toyota, dibekali dengan sistem keamanan pasif Global Outstanding Assessment (GOA). Sistem ini diperkenalkan sejak 1995 dan sudah diaplikasikan pada semua mobil Toyota.

Baca juga: Ubah Tampilan Toyota Fortuner Lama Menjadi Legender

Didi Ahadi, Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, tujuan dari sistem keamanan ini adalah untuk menjaga penumpang tetap aman di area kabin.

Sistem keamanan milik Toyota, Global Outstanding AssessmentToyota Sistem keamanan milik Toyota, Global Outstanding Assessment

"GOA itu teknologi Toyota yang didesain khusus untuk benturan yang diserap secara merata oleh bodi mobil. Sehingga, dapat mengurangi dampak perubahan pada bentuk kabin di berbagai macam kecelakaan," ujar Didi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X