[VIDEO] Masih Banyak Pengendara Tak Paham Penggunaan Lampu

Kompas.com - 17/09/2020, 14:41 WIB
Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1 Otomania/Setyo AdiHeadlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu utama atau headlamp dan juga lampu belakang atau stoplamp merupakan perlengkapan pada kendaraan yang memegang peranan penting. Kehadirannya pun sudah diatur pada undang-undang demi keselamatan saat berkendara.

Sayangnya, pemilik kendaraan banyak yang belum memahami bagaimana penggunaan serta hal-hal apa saja yang tidak diperbolehkan untuk diubah pada kedua fitur tersebut.

Sekadar mengingatkan, headlamp dan stoplamp kerap dimodifikasi untuk kesenangan pribadi tanpa mengindahkan fungsi dan penggunaan.

Baca juga: Salah Kaprah Tentang Lampu yang Kerap Dilakukan Pengemudi

Modifikasi yang banyak didapati adalah penggunaan lampu dengan kemampuan cahaya melebihi peraturan yang ditetapkan, sorot lampu yang terlalu tinggi serta warna lampu yang diubah. Ini termasuk juga modifikasi pada lampu kabut atau fog lamp.

Lantas apa saja kesalahan penggunaan lampu yang kerap dilakukan pengemudi? Simak video berikut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.