Masa Pandemi, Banyak Pembeli Mobil Suzuki Secara Tunai

Kompas.com - 17/09/2020, 18:41 WIB
Pengunjung mencoba Suzuki New Jimny saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018. ANDREAS LUKAS ALTOBELIPengunjung mencoba Suzuki New Jimny saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kondisi pandemi masih mengancam, namun penjualan mobil baru sudah mulai merangkak naik sejak tiga bulan belakangan ini. Hal tersebut dirasakan oleh sebagian besar agen pemegang merek (APM), termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, mengatkan pertumbuhan penjualan disebabkan berbagai faktor.

Salah satunya adalah kebutuhan mobil pribadi yang aman untuk beraktivitas akibat adanya masyarakat yang khawatir menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Suzuki Siapkan Model Edisi Khusus untuk Indonesia Bulan Depan

Menariknya lagi, berdasarkan survei yang dilakukan Suzuki, ternyata ada pergeseran tren pembelian mobil yang dilakukan oleh konsumennya. Secara persentase, saat ini pembelian secara tunai naik dibandingkan kredit.

"Dari riset internal kami pada Mei -Juni, soal kenapa orang masih tertarik beli mobil di era pandemi, kami temukan ada dua fakta. Pertama ternyata memang konsumen, khususnya yang ingin membeli Suzuki sudah melakukan perencanaan dari awal, boleh dikatakan dari akhir tahun lalu atau awal tahun," ujar Harold kepada Kompas.com, Rabu (17/9/2020).

Sales Promotion Girl berpose di samping mobil yang dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (05/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sales Promotion Girl berpose di samping mobil yang dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (05/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Fakta kedua, dari rata-rata konsumen yang sudah merencanakan beli mobil Suzuki itu, ternyata porsinya lebih banyak beli tunai dibandingkan kredit. Komposisinya sekarang sekitar 55 persen untuk kredit dan 45 persen itu pembelian tunai," kata dia.

Menurut Harold, kenaikan pembelian secara tunai tersebut cukup drastis dibandingkan sebelum pandemi atau tahun lalu. Karena biasanya, dominasi pembelian kredit sangat tinggi, mencapai kisaran 70-80 persen, sementara tunai 20-an persen.

Baca juga: Viral Video Kena Sanksi Turunkan Masker Saat Berkendara, Ini Aturannya

Adapun salah satu alasan meningkatnya pembelian secara tunai kemungkinan karena memang secara finansial konsumen sudah siap. Apalagi bagi konsumen yang memang sudah dari jauh-jauh hari berniat membeli mobil baru.

 Suzuki XL7 BIMS 2020                      penggym Suzuki XL7 BIMS 2020

"Kebanyakan karena itu, mereka sudah menganggarkan dana jadi saat ada momen tinggal beli. Kalau dari porsi jenis konsumen masih setengah-setengah, 50 persen konsumen baru dan 50 lagi konsumen loyal," ucap Harold.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.