Mazda RX-7 Terbakar, Ingat Lagi 7 Hal Pemicu Kebakaran Mobil

Kompas.com - 06/08/2020, 12:52 WIB
Mazda RX-7 terbakar IstimewaMazda RX-7 terbakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini satu unit Mazda RX-7 terbakar di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Penyebab kebakaran diduga karena adanya korsleting listrik.

Kepala Regu Grup A Pos Walikota Sektor II Kecamatan Kebayoran Baru Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ridwan Sa'ih mengatakan, kebakaran diduga karena adanya korsleting listrik. Kebakaran berawal saat pengemudi melakukan test drive.

Baca juga: Simpan Ponsel yang Dicas dengan Powerbank di Bagasi Bisa Terbakar?

“Sampai di TKP pedal kopling tidak balik pada saat diinjak, dan keluar percikan api dari bagian mesin,” kata Saih, dalam keterangan tertulis, Kamis (6/8/2020).

Mazda RX-7 terbakarIstimewa Mazda RX-7 terbakar

Selain korsleting listrik, sebenarnya ada beberapa pemicu lain yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Sebagian besar faktornya adalah kelalaian dari pengemudi atau pemilik mobil.

Service Director PT Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha pernah menjelaskan, sangat penting bagi pemilik mobil memperhatikan kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat mobil terbakar.

Baca juga: Ingat, Asal Pasang Audio Mobil Berisiko Aki Tekor Hingga Terbakar

"Semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba, termasuk pemasangan dan kapasitas komponen kelistrikan yang didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak menyebabkan hubungan pendek arus listrik yang bisa memicu mobil terbakar," ujar Riecky, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Riecky menambahkan, ada beberapa potensi-potensi yang bisa membuat mobil terbakar dan wajib untuk diperhatikan pengendara atau pemilik kendaraan.

1. Rajin Mengecek Ruang Mesin Kendaraan

Saat melakukan perawatan atau pembersihan dengan kain lap atau material lain, bisa saja benda tersebut tertinggal karena lupa. Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Untuk itu, selalu cek kembali ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

2. Pastikan Tutup Oli Terpasang Rapat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X