Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan Ponsel yang Dicas dengan Powerbank di Bagasi Bisa Terbakar?

Kompas.com - 30/07/2020, 14:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa skuter matik (skutik) sudah dilengkapi dengan fitur pengisian gawai atau soket charger. Sehingga, pengendaranya bisa mengecas ponsel menggunakan fitur tersebut sambil berkendara.

Namun, masih ada juga skutik yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Sehingga, saat kapasitas baterai ponsel menurun, banyak yang memilih untuk mengecasnya dengan powerbank.

Baca juga: Tips Aman Mencuci Motor yang Dilengkapi Soket Pengisian Gawai

Beberapa pemilik skutik ada yang memiliki kebiasaan menyimpan ponselnya di bagasi, khususnya saat hujan sedang turun. Padahal, kebiasaan tersebut sangat berbahaya.

Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.Donny Apriliananda Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, powerbank atau ponsel dikhawatirkan terkena panas dari mesin.

Baca juga: Simpan Gawai atau Powerbank di Bagasi Motor Bisa Sebabkan Kebakaran?

"Bahkan, sudah dianjurkan juga untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang dicas. Secara logika jiga disimpan di bagasi motor yang rawan panas," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Herman menambahkan, yang dikhawatirkan ponsel atau powerbank mengalami panas berlebihan dan bisa meledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com