Simpan Ponsel yang Dicas dengan Powerbank di Bagasi Bisa Terbakar?

Kompas.com - 30/07/2020, 14:22 WIB
Ilustrasi powerbank yang ditinggal di mobil. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi powerbank yang ditinggal di mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa skuter matik ( skutik) sudah dilengkapi dengan fitur pengisian gawai atau soket charger. Sehingga, pengendaranya bisa mengecas ponsel menggunakan fitur tersebut sambil berkendara.

Namun, masih ada juga skutik yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Sehingga, saat kapasitas baterai ponsel menurun, banyak yang memilih untuk mengecasnya dengan powerbank.

Baca juga: Tips Aman Mencuci Motor yang Dilengkapi Soket Pengisian Gawai

Beberapa pemilik skutik ada yang memiliki kebiasaan menyimpan ponselnya di bagasi, khususnya saat hujan sedang turun. Padahal, kebiasaan tersebut sangat berbahaya.

Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.Donny Apriliananda Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, powerbank atau ponsel dikhawatirkan terkena panas dari mesin.

Baca juga: Simpan Gawai atau Powerbank di Bagasi Motor Bisa Sebabkan Kebakaran?

"Bahkan, sudah dianjurkan juga untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang dicas. Secara logika jiga disimpan di bagasi motor yang rawan panas," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Herman menambahkan, yang dikhawatirkan ponsel atau powerbank mengalami panas berlebihan dan bisa meledak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X