Ingat, Asal Pasang Audio Mobil Berisiko Aki Tekor Hingga Terbakar

Kompas.com - 15/07/2020, 09:22 WIB
Paket audio mobil sederhana, tapi sesuai selera. Donny AprilianandaPaket audio mobil sederhana, tapi sesuai selera.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kelistrikan pada tiap mobil sudah diperhitungkan sejak dikembangkan oleh pabrikan. Meski begitu tidak sedikit pemilik mobil yang menambah berbagai aksesori elektronik sehingga beban kerja aku sebagai sumber listrik mobil jadi bertambah.

Salah satu aksesori yang sering ditambah oleh pemilik kendaraan adalah audio. Apabila memasang perangkat audio secara berlebihan, maka bukan hanya aki yang akan bekerja keras tapi juga altenator atau dinamo ampere.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, jika pemilik kendaraan ingin melakukan upgrade audio sebaiknya imbangkan dengan penambahan daya, sebab kalau tidak maka akan cukup berisiko.

Baca juga: Usai Melibas Genangan, Motor Matik Wajib Periksa Bagian Ini

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Seperti contoh, sumpamanya arus listrik akinya 50 ampere, sedangkan audio sudah 45 ampere, berarti aki bisa tekor. Satu mobil diisi dengan dua power, tambah subwoofer, maka altenator yang tadinya bekerja 15 menit supaya aki penuh, kini butuh 30 menit karena punya beban berbeda.

Baca juga: Jangan Sampai Putus di Jalan, Begini Cara Merawat V-Belt Skutik

“Artinya setiap kali altenator isi aki merupakan beban dan itu menggerogoti mesin secara tidak langsung. Efeknya listrik akan banyak kesedot, usia pakai altenator jadi lebih cepat, bahan bakar boros dan aki cepat habis,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Didi melanjutkan, jika ada kabel yang kelebihan beban, kemudian menjadi panas dan meleleh, dampaknya bisa ke mana-mana, mulai dari korsleting hingga kebakaran.

“Hal yang kita hindari itu kalau terjadi kerusakan atau kebakaran yang diakibatkan modifikasi yang dilakukan pihak lain, lalu klaimnya ke pihak pabrikan,” kata Didi.

Jika pemilik mobil ingin tetap melakukan penambahan aksesori elektronik, Didi menyarankan untuk mengganti altenator sesuai dengan beban listrik supaya kerja aki dan altenator normal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X