745.000 Debitur Adira Finance Dapat Keringanan Kredit

Kompas.com - 04/08/2020, 17:41 WIB
Ilustrasi pelayanan Adira Finance. Baihaki/KontanIlustrasi pelayanan Adira Finance.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak April 2020, sejumlah perusahaan pembiayaan memberikan relaksasi bagi nasabah yang terkena dampak pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengatur restrukturisasi cicilan bagi debitur yang terdampak.

Hafid Hadeli, Presiden Direktur PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk ( Adira Finance), mengatakan, pihaknya hingga saat ini telah menyetujui ratusan ribu pengajuan restrukturisasi kredit.

Menurutnya, pihaknya memberikan kelonggaran cicilan bagi debitur yang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diarahkan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan OJK.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Fortuner TRD dengan Tipe Standar

Ilustrasi kredit mobilistimewa Ilustrasi kredit mobil

“Hingga 30 Juni 2020, jumlah konsumen yang telah melakukan restrukturisasi sebesar 745.000 kontrak atau sekitar Rp 17,4 triliun,” ujar Hafid, dalam konferensi virtual (4/8/2020).

Hafid menambahkan, dari jumlah tersebut kelonggaran cicilan paling banyak diberikan kepada debitur roda empat.

“Mobil kurang lebih 62 persen, sisanya adalah motor 38 persen,” kata Hafid.

Baca juga: Simak Pilihan 10 Mobil Bekas Harga Rp 100 Jutaan

Stan Adira Finance di PRJ 2013, memajang ratusan sepeda motor bekas. Donny Apriliananda Stan Adira Finance di PRJ 2013, memajang ratusan sepeda motor bekas.

Ia juga mengatakan, restrukturisasi kredit bukanlah hal yang baru di Indonesia. Program ini sudah sering dilakukan, contohnya saat sebuah wilayah terkena bencana, maka debitur di daerah tersebut memperoleh keringanan bayar cicilan.

Walau demikian, restrukturisasi kredit yang terjadi tahun ini memang terbilang unik. Salah satu alasannya karena berlaku secara nasional, bukan di wilayan tertentu saja.

“Prinsip kami adalah semua harus bertahan, bukan hanya Adira Finance tapi customer juga. Jadi semua pihak harus bisa menghadapi dan melewati masa pandemi Covid-19,” ucap Hafid.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X