Layanan Bus Bantuan Gratis Akan Dikurangi Hingga Akhir 2020

Kompas.com - 04/08/2020, 16:01 WIB
Bus Gratis Stasiun Kompas.com/Fathan RadityasaniBus Gratis Stasiun

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan bus bantuan gratis yang disediakan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) untuk mengurangi kepadatan penumpang di KRL akan mulai dikurangi armadanya.

Berdasarkan hasil evaluasi layanan bus gratis, terdapat dua karakteristik penumpang KRL, yaitu status ekonomi sosial bawah hingga menengah. Masyarakat sosial ekonomi rendah sangat bergantung pada KRL karena harganya yang terjangkau.

Sedangkan masyarakat sosial ekonomi menengah, mau dan mampu untuk memanfaatkan layanan komuter selain KRL dengan harga tiket yang lebih tinggi, asal sesuai dengan pelayanan yang diberikan.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Fortuner TRD dengan Tipe Standar

JR ConnexionTribunjakarta.com/Ega Alfreda JR Connexion

“Kebijakan yang diambil harus mengakomodir kondisi dan kepentingan mereka semua. Sehingga mereka bisa memanfaatkan layanan transportasi yang memadai dengan penerapan protokol kesehatan,” ucap Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti dalam siaran resmi.

Layanan bus bantuan gratis ini memang sudah ada sejak Mei 2020 setiap Senin pagi dan Jumat Sore. Kemudian akan tetap dipertahankan hingga akhir tahun 2020, namun keberadaannya secara bertahap akan dikurangi.

Layanan ini terutama untuk mengakomodir kelompok masyarakat yang sangat bergantung pada KRL karena kemampuan finansial yang terbatas. Jadi saat mereka tidak tertampung di KRL, bisa memanfaatkan bus gratis.

Baca juga: Siap-siap, Tilang Elektronik Berlaku mulai 6 Agustus 2020

Pengurangan jumlah bus gratis ini dilakukan dengan tetap mempertimbangkan dinamika kondisi yang terjadi setiap saat.

Bagi pengguna KRL yang memiliki kemampuan finansial lebih, bisa memanfaatkan layanan JR Connexion. Apalagi saat ini sedang diuji coba layanan JR Connexion di area pemukiman sekitar Stasiun Bogor dengan tujuan Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Juanda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X