Kompas.com - 29/06/2020, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap kali kita melihat beberapa pabrikan sudah memasang spoiler pada mobil tipe sedan, hatchback, atau bahkan minibus.

Banyak pemilik mobil mengira fungsi spoiler hanya untuk mempercantik tampilan kendaraan. Padahal, spoiler memiliki fungsi lain yang cukup penting.

Spoiler memiliki fungsi utama untuk meningkatkan perfoma karena lebih aerodinamis, khususnya untuk kecepatan tinggi sehingga mobil lebih tertekan ke jalan,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Jangan Asal Kencang, Setel Rantai Motor Ada Aturannya

Spoiler mampu mengurangi gejala melayang saat berkendara pada mobil yang cukup ringan. Perangkat aerodinamis ini mampu memberi gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Ilustrasi spoiler belakang.seriouswheels.com Ilustrasi spoiler belakang.

Pada mobil jenis hatchback, spoiler juga bisa menangkis kotoran di kaca belakang, seperti debu dan air hujan. Hal ini karena adanya turbulensi udara di area tersebut.

Baca juga: Aturan Larangan Merokok Saat Berkendara, Kena Denda Rp 750.000

Saat ini memang sudah banyak spoiler yang dijual di pasaran untuk kebutuhan modifikasi. Tidak sedikit juga pemilik mobil yang memasang spoiler tambahan pada kendaraannya agar terlihat lebih sporty.

Meski begitu, Didi mengingatkan, spoiler tersebut belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan desain mobil yang sudah disematkan spoiler dari pabrikan.

Belum lagi jika pemasangannya salah. Kesalahaan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar lmenjadi lebih besar.

“Jadi perlu diperhatikan, apakah spoiler tersebut cocok dipasang pada mobil? Dan yang paling penting tidak mengganggu pandangan ke belakang,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.