Selain Siang, Tak Nyalakan Lampu di Malam Hari Juga Ada Hukumnya

Kompas.com - 29/06/2020, 15:21 WIB
Intensitas cahaya lampu kendaraan Stanly/KompasOtomotifIntensitas cahaya lampu kendaraan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain aturan menyalakan lampu sepanjang hari untuk motor, ternyata ada juga aturan wajib menyalakan headlamp pada malam hari. Bedanya, saat malam hari berlaku untuk semua jenis kendaraan di jalan raya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, aturan menyalakan lampu sudah menjadi kewajiban dan tertuang dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Keduanya terpisah, kalau motor itu ada kewajiban selain malam juga wajib di siang hari karena faktor safety ya. Sementara untuk yang malam hari itu berlaku untuk semua kendaraan, sanksi dan dendanya juga berbeda," ucap Fahri saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Alasan Mobil Tak Perlu Nyalakan Lampu Siang Hari Seperti Motor

Untuk disiang hari bagi pemotor, diatur dalam Pasal 107 UU 22/2009. Sementara untuk sanksi tak menyalakan lampu utama bagi motor saat berkendara di siang hari ada pada Pasal 293 ayat 2, berikut rincinanya ;

Suasana kendaraan terjebak macet di Jl. Gatot Subroto dan Tol Cawang-Grogol di Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020). Pada hari pertama  orang masuk kantoran dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana kendaraan terjebak macet di Jl. Gatot Subroto dan Tol Cawang-Grogol di Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020). Pada hari pertama orang masuk kantoran dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.

"(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari."

Sanksi

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah)".

Baca juga: Naik Motor Tak Nyalakan Lampu di Siang Hari Bisa Dibui

Sementara untuk ketentuan menyalakan lampu di malam hari yang bagi seluruh kendaraan di jalan raya, tertuang dalam Pasal 293 ayat 1. Sanksinya sendiri lebih besar, yakni pidana kurungan paling lama satu bulan dan denda paling banyak sebesar Rp 250.000.

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). Pada pekan pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dan hari pertama dimulainya kembali aktivitas perkantoran, arus lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan. ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj. Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). Pada pekan pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dan hari pertama dimulainya kembali aktivitas perkantoran, arus lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.

"Jadi memang dibedakan, kalau malam itu memang sudah keseharusan bagi kendaraan pengguna jalan raya menyalakan lampu, karena sebagai alat penerangan yang memang dari pabrikan sudah dibuat. Sementara siang hari untuk motor lebih ke faktor safety pemotor dan pengguna jalan lainnya," kata Fahri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X