Simak Jadwal dan Lokasi 50 Bus Gratis ke Bodetabek saat Pulang Kantor

Kompas.com - 15/06/2020, 07:02 WIB
Armada bus Transjabodetabek bersiap di Mega Mall Bekasi, Senin (5/3/2018). Kompas.com/Setyo AdiArmada bus Transjabodetabek bersiap di Mega Mall Bekasi, Senin (5/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Aktivitas kantor maupun kegiatan bisnis dan ekonomi di Jakarta kembali beroperasi, setelah sempat vakum beberapa bulan karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mobilitas masyarakat akan memasuki fase adaptasi kebiasaan baru ( AKB) alias new normal dengan kondisi transportasi umum kembali beroperasi.

Memasuki era AKB atau kelaziman baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang menyediakan sejumlah bus gratis untuk mengangkut warga yang hendak berangkat atau pulang dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga: Mengenal Diesel Runaway, Mimpi Buruk buat Pemilik Mobil Diesel

Transjabodetabek Premium dengan trayek TangCity Mall-ITC Kuningan resmi diuji coba per Rabu (10/1/2018).Dokumentasi Humas TangCity Mall Transjabodetabek Premium dengan trayek TangCity Mall-ITC Kuningan resmi diuji coba per Rabu (10/1/2018).

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, mengatakan, telah menyediakan sekitar 50 bus gratis untuk mengurai kepadatan di stasiun-stasiun KRL (Kereta Rel Listrik) wilayah Jakarta dan Bogor.

“Ini berlaku mulai Jumat (12/6) di Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tebet,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (13/6/2020).

Menurutnya, bus-bus ini akan menunggu warga yang ingin ke Bogor, Tengerang, dan Depok (Bodetabek) dari sejumlah stasiun di Jakarta pada jam pulang kerja. Ada sekitar 10 bus yang tersedia di masing-masing stasiun.

Baca juga: Mulai Rp 220 Jutaan, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky

Bus Transjabodetabek Premium rute Mega Bekasi City ke Plaza Senayan diuji coba, Kamis (7/9/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Bus Transjabodetabek Premium rute Mega Bekasi City ke Plaza Senayan diuji coba, Kamis (7/9/2017).

Pengguna KRL yang tidak ingin berdesakan di dalam gerbong, bisa memanfaatkan fasilitas ini yang akan mengantar ke tujuan yang beragam.

Mulai dari tujuan Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Bekasi, Pasar Modern BSD, Terminal Depok Margonda, Terminal Cikarang, dan Bintaro Exchange.

Sedangkan untuk keberangkatan menuju Jakarta, pada pagi hari Pemprov DKI hanya menyediakan bus gratis dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang.

Baca juga: Rossi Satu Tim dengan Morbidelli di Petronas Yamaha

antrian penumpang terjadi di Stasiun Bogor, Senin (8/6/2020)KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH antrian penumpang terjadi di Stasiun Bogor, Senin (8/6/2020)

Berikut ini jadwal bus gratis yang disediakan Pemprov DKI Jakarta:

1. Stasiun Sudirman Jakarta
- Ke Terminal Baranangsiang Bogor (pukul 16.30 WIB dan 18.30 WIB)
- Ke Terminal Bekasi (pukul 16.45 WIB dan 18.45 WIB)
- Ke Pasar Modern BSD (pukul 17.00 WIB)
- Ke Terminal Depok Margonda (pukul 17.30 WIB dan 19.00 WIB)
- Ke Terminal Cikarang (pukul 17.45 WIB dan 19.30 WIB)
- Bintaro Exchange (pukul 19.00 WIB)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X