6 Pilih Berbagai Aliran Modifikasi Dcab di Indonesia

Kompas.com - 13/05/2020, 11:42 WIB
Pikap kabin ganda australian style outbackjoePikap kabin ganda australian style

JAKARTA, KOMPAS.comPikap kabin ganda atau double cabin ( dcab) memang lebih banyak digunakan sebagai kendaraan tambang. Namun ada juga yang menggunakannya sebagai kendaraan pribadi di perkotaan.

Dcab yang dijual juga memiliki kemampuan offroad yang baik. Banyak juga pemilik dcab yang memodifikasi kendaraannya sesuai dengan keinginannya. Selain itu ada beberapa aliran modifikasi dcab yang dilakukan orang Indonesia.

Echa Sumual, anggota dari komunitas Dcab Id, akan menguraikan beberapa aliran modifikasi dcab yang jamak dilakukan di Indonesia. Berikut ini uraiannya

Baca juga: Honda Rilis Bebek Winner X Sport alias Supra GTR Sport

1. Australian Style

Aliran ini mengacu pada modifikasi dcab di Australia. Modifikasi yang dilakukan biasanya untuk keperluan turing atau berkemah melewati medan offroad, termasuk ringan sampai sedang,” kata Echa kepada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Modifikasi ini juga biasa disebut outback touring atau istilah kerennya saat ini yaitu overlanding. Modifikasi yang biasa dipasang lebih ke tampilan eksterior dan suspensi, parts yang biasanya diganti diantaranya:

Bumper bullbar, electric winch (derek), snorkel aktif, suspension lift, ban All Terrain/Mud Terrain, memasang kanopi di bak belakang, tenda rooftop, side awning, lampu tambahan berupa LED bar.

pikap kabin gandajip gridoto pikap kabin ganda

2. Adventure/Expedition Offroad

“Aliran ini bisa dibilang versi lebih ekstrim dari Australian Style. Perbedaannya yaitu medan yang dilewati masuk ke kategori heavy sampai extreme off road. Jadi modifikasi yang dilakukan harus lebih banyak,” ucap Echa.

Modifikasi yang dilakukan seperti memakai bumper dari bahan pipa besi yang lebih ringan daripada bullbar dan lebih mudah untuk menggapai winch. Pakai winch dengan kekuatan besar, suspension lift 3-6 inci.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X