Bahaya Charging Ponsel di Power Output Mobil

Kompas.com - 12/05/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi Charge Handphone di Mobil KOMPAS.com/RulyIlustrasi Charge Handphone di Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, ketergantungan masyarakat terhadap smartphone semakin tinggi. Tidak jarang dari mereka yang panik, jika ponsel kehabisan daya saat berada di perjalanan.

Kondisi tersebut pada akhirnya membuat beberapa pengendara mobil menggunakan power output sebagai lubang pengisian baterai handphone (HP). Lantas, amankah hal itu untuk dilakukan?

Mengisi daya HP di power output mobil memang bisa dilakukan, terlebih banyak produsen yang sudah menyediakan fitur tersebut, baik di baris depan atau belakang.

Namun, disarankan tidak terlalu mengandalkan fitur tersebut, karena kondisi listrik di mobil cenderung tidak stabil.

Baca juga: Pasang Aki Bukan Sesuai Spesifikasi, Punya Dampak Buruk

Hal itu dibenarkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, yang mengatakan para pemilik kendaraan sebaiknya tidak bergantung pada mobil untuk mengisi daya telepon genggamnya.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebaiknya hindari charging baterai HP di mobil, karena tegangannya naik turun (mesin mobil berputar naik dan turun) sehingga dikhawatirkan bisa memperpendek usia HP itu sendiri. Jadi jangan mengandalkan mobil untuk hal tersebut,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Baca juga: Hukum Girboks Skutik Pakai Oli Mesin

Selain itu, penggunaan power output untuk HP juga bisa memengaruhi masa usia aki. Jika aki sudah overcharger, tidak disarankan untuk charger HP di mobil, karena berisiko membuat baterai HP cepat rusak.

“Walaupun kemungkinan itu sangat kecil, bahaya atau risiko itu tetap ada. Kalaupun terpaksa, jangan terlalu lama,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.