Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Perempuan Lebih Aman Isi Bensin dari Dalam Mobil

Kompas.com - 02/05/2020, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ramai video soal pencurian barang di mobil yang sedang mengisi Bahan Bakar Mingak (BBM). Dari video CCTV terlihat, sang pemilik kurang waspada dengan tidak mengunci pintu.

Alhasil saat menghampiri operator SPBU, pencuri datang dari arah yang berlawanan, dan mengambil barang-barang di mobil.

Menyikapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, jika saat ini sejumlah SPBU memiliki skema pelayanan berbeda.

Baca juga: Ada Risikonya, Perhatikan Hal Ini Saat Isi Bensin Tanpa Keluar Mobil

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Selalu waspada yaa warga seputar cinere #cinere #seputarcinere

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Cinere (@seputarcinere) pada 30 Apr 2020 jam 12:25 PDT

Bagi SPBU yang dilayani operator, ada baiknya pengemudi cukup membuka kaca dan tetap di dalam mobil, khususnya untuk pengemudi wanita.

“Jadi potensi kejahatan tetap ada, meski kita mau mengisi bensin dari dalam atau keluar. Karena penjahat pasti sudah memperhatikan mobil dan tahu kapan harus melakukan kejahatan,” ucap Sony, dalam konferensi video, Jumat (1/5/2020).

Sony menambahkan, pengemudi yang waspada akan memperhatikan kondisi di sekitar saat mengisi BBM. Cara ini dilakukan untuk menghindari pencurian maupun risiko kebakaran.

Baca juga: Nekat Selundupkan Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

“Kalau disuruh pilih turun atau di dalam mobil, saya pilih turun. Tapi kalau pengemudi wanita, lebih baik tidak keluar,” ucap Sony.

“Karena momen pencuri cuma sekitar 1 menit, kalau lewat kansnya hilang. Yang penting tetap kunci pintu mobil, karena ada merek yang saat mesin mati otomatis kunci terbuka,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com