Begini Cara Mengemudi Aman di Jalan Tol yang Sepi Selama PSBB

Kompas.com - 02/05/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi jalan tol Dokumentasi BPJT Ilustrasi jalan tol

DEPOK, KOMPAS.com – Kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan pelarangan mudik, masyarakat tetap bisa mengakses jalan tol. Ketika melewati jalan bebas hambatan itu, jangan sampai lengah walaupun kondisinya sepi.

Keadaan jalan tol yang sepi, bukan berarti aman, masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan kecelakaan. Mengemudi secara defensif membantu mengurangi kecelakaan, karena harus waspada kepada kondisi sekitar dan mengemudi secara aman.

Marcell Kurniawan, training director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, cara-cara mengemudi defensif di jalan tol, terbagi menjadi empat bagian utama.

Baca juga: Pengusaha Jangan Sampai Tertipu, Begini Baca Kode Ban Kendaraan Niaga

Ilustrasi jaga jarak aman 3 detikivanhumphrey.blogspot Ilustrasi jaga jarak aman 3 detik

Berikut ini uraiannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jaga jarak aman

Kondisi Tol Pekanbaru-Dumai, Kamis (20/2/2020). Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang dirancang sepanjang 131 kilometer. Hilda B Alexander/Kompas.com Kondisi Tol Pekanbaru-Dumai, Kamis (20/2/2020). Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang dirancang sepanjang 131 kilometer.

Jaga jarak aman ketika berkendara di jalan tol sangatlah penting. Kita harus memiliki jarak yang cukup untuk bereaksi, bertindak, dan berhenti.

“Pastikan jarak aman kita berjeda tiga detik dengan kendaraan di depan,” kata Marcell saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

2. Jaga kecepatan sesuai dengan peraturan

Para perempuan ini membawa rambu yang menunjukkan batas kecepatan maksimum untuk mengingatkan para pengemudi yang melintasi sebuah kawasan permukiman atau persimpangan yang ramai.Mirror Para perempuan ini membawa rambu yang menunjukkan batas kecepatan maksimum untuk mengingatkan para pengemudi yang melintasi sebuah kawasan permukiman atau persimpangan yang ramai.

Jangan ngebut dan melanggar batas kecepatan. Sesuaikan kecepatan dengan lajur yang dipilih.

“Sering ditemui pengemudi yang lambat di lajur cepat dan cepat di lajur lambat, itu sangat membahayakan,” ucap Marcell.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.