Di Rumah Aja, Ini 10 Cara Merawat Helm yang Bisa Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 27/04/2020, 16:22 WIB
Perawatan helm Foto: IstimewaPerawatan helm
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm sebagai standar keamanan. Tapi lebih dari itu, helm juga butuh perawatan untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan,
helm sebaiknya dibersihkan minimal 1 bulan sekali, namun jika dipakai setiap hari dapat dilakukan setiap minggu.

“Kenyamanan perlengkapan berkendara selaras dengan keselamatan. Gunakan helm SNI dan pastikan tetap cari aman dengan merawat perlengkapan berkala,” katanya dalam siaran resmi, Senin (27/4/2020).

Perawatan helm di rumah Foto: Istimewa Perawatan helm di rumah

Berikut 10 tips merawat helm sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima:

1. Bersihkan lapisan luar helm berikut kaca helm jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu atau hujan dengan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm.

Penggunaan kain dengan serat halus seperti kain micro fiber dapat mencegah lecet akibat proses pembersihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm karena biasanya pembersih kaca mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat pada visor yang berdampak menurunnya tingkat kejernihan visor helm.

Baca juga: Tips Merawat Rantai Sepeda Motor di Rumah Selama PSBB

3. Gunakan cotton bud (kapas pembersih kuping) guna membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi pada helm yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.

4. Lapisan tengah helm cukup di lap dengan kain micro fiber kering dan hindari menyiram lapisan tengah dengan air karena dapat menurunkan kualitas daya redam sterofoam.

Selain itu mengurangi kekuatan perekat sterofoam pada helm dan juga dapat menimbulkan jamur apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara maksimal.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.