Tips Merawat Rantai Sepeda Motor di Rumah Selama PSBB

Kompas.com - 18/04/2020, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rantai pada sepeda motor berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang, sehingga motor dapat melaju. Maka itu, fungsi rantai termasuk vital.

Rantai banyak digunakan pada motor tipe bebek dan sport. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rantai bisa tetap bekerja secara optimal.

Baca juga: Saat WFH, Bisa Sambil Setel Rantai Motor di Rumah

Selain melakukan perawatan dan kebersihan, lakukan juga pemeriksaan jarak main bebas rantai roda secara berkala. Sebab, bisa saja terjadi rantai roda terlalu kendur atau malah terlalu kencang.

Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk menyiasati waktu senggang selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Rawat rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumahIstimewa Rawat rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumah

“Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala,” ujar Ade Rohman, Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, kondisi rantai yang kurang baik daoat menyebabkan rantai putus atau rantai lepas. Kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa resiko, salah satunya adalah kecelakaan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Oli Gardan Mobil Bagus untuk Melumasi Rantai Motor?

Untuk menjaga serta merawat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka perlu melakukan beberapa perawatan, antara lain:

1. Selalu Memberikan Pelumas

Dengan rutin memberikan pelumas pada rantai motor dapat menjaga performanya tetap awet. Pelumas rantai (chain lube) dapat melumasi rantai motor hingga ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai motor dari kotoran maupun debu yang menempel pada rantai.

Ade menyarankan, untuk tidak menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Sebab, akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik menggunakan chain lube khusus.

Rawat rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumahIstimewa Rawat rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.