Selama di Rumah Aja, Begini Parkir Mobil Transmisi Matik yang Benar

Kompas.com - 25/04/2020, 15:42 WIB
Belasan mobil diparkir berjejer di area parkir kluster A Blok Bawal, Rusun Marunda, Jakarta Utara, Kamis (12/9/2013). KOMPAS.com/DIAN FATH RISALAH EL ANSHARIBelasan mobil diparkir berjejer di area parkir kluster A Blok Bawal, Rusun Marunda, Jakarta Utara, Kamis (12/9/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diberlakukan di beberapa kota. Kondisi ini memaksa kita untuk mengistirahatkan kendaraan dalam waktu yang cukup lama.

Hermas Efendi Prabowo, dari bengkel Worner Matic, spesialis mobil matik, mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menyimpan atau memarkirkan mobil dalam waktu yang lama.

Baca juga: Selama PSBB, Mitsubishi Perpanjang Masa Garansi dan Servis Gratis

"Pertama, yang harus dipastikan adalah mobil diparkir di tempat yang aman, misalkan di garasi yang ada atapnya. Lalu, dijauhkan dari jangkauan tikus, karena ini berbahaya jika sampai merusak kabel-kabel atau selang. Biasanya, rumah yang dekat dengan kebun berpotensi diganggu tikus," ujar Hermas, kepada Kompas.com, belum lama ini.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Hermas menambahkan, hindari mobil terkena sinar matahari langsung sepanjang hari, karena bisa merusak bagian catnya. Selain itu, hindari juga terkena tirisan air hujan langsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebab, beberapa kasus terjadi di mana cipratan air hujan tersebut mengenai filter. Akhirnya, air terhisap ke intake dan masuk ke mesin," kata Hermas.

Selanjutnya, posisikan tuas transmisi di P (Parking) dan rem tangan diaktifkan. Tujuannya, menurut Hermas, agar lebih aman dan mobil tidak jalan sendiri.

Baca juga: Imbas Corona dan PSBB, Bagaimana Bisnis Lelang Mobil?

"Lalu, pastikan juga mobil bebas dari kebocoran. Lihat ke bagian kolong mobil, apakah ada yang menetes. Cek apakah ada kebocoran oli mesin, oli transmisi, radiator, wiper, oli power steering, dan tekanan udara pada ban," ujar Hermas.

Hermas mengatakan, tujuan dari melakukan pengecekan ini agar sewaktu-waktu mobilnya ingin dipakai, mobil tersebut siap.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.