Kompas.com - 19/04/2020, 10:01 WIB
Safety Car MotoGP Foto: Box RepsolSafety Car MotoGP
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum balapan MotoGP dimulai bakal ada mobil bertuliskan Safety Car yang mengelilingi sirkuit. Mobil ini akan keluar sebelum pebalap melakukan warm up lap atau pemanasan.

Meski terkesan hanya seremoni, ada tugas besar yang dibawa oleh Safety Car. Sesuai namanya mobil ini digunakan untuk memastikan keselamatan pebalap terutama yang mengangkut sirkuit.

Baca juga: Ini Perangkat yang Ada di Baju Balap Para Rider MotoGP

Selain menandakan balapan akan dimulai, Safety Car bertugas menginspeksi kondisi sirkuit apakah ada sesuatu yang bakal mengganggu jalannya balapan, haruskah diundur atau dihentikan.

Pengecekan yang dilakukan meliputi apakah ada oli yang tercecer, atau benda lain yang dapat membahayakan pebalap, sekecil apapun benda tersebut.

BMW M2 Coupe Safety Car MotoGP 2016.BMW BMW M2 Coupe Safety Car MotoGP 2016.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dalam Safety Car terdapat dua orang, pengemudi dan navigator. Keduanya berkoordinasi dengan Race Direction untuk memberikan laporan mengenai kondisi sirkuit.

Baca juga: 5 Livery Motor Balap Grand Prix dan MotoGP Paling Legendaris

Setelah inspeksi alias lap pertama selesai, Safety Car tidak langsung masuk pit lane tapi berada di belakang barisan terakhir. Mobil akan mengikuti jalannya balapan pada lap pertama.

Mengapa demikian sebab lap pertama cukup krusial dan bisa terjadi insiden. Terutama di tikungan. Setelah pebalap melewati lap pertama Safety Car baru masuk ke pit.

Mengutip BoxRepsol, jika terjadi kecelakaan parah, maka tim keselamatan termasuk Safety Car dan ambulan akan masuk sirkuit mensterilkan sirkuit sebelum kembali mulai balapan.



Sumber Box Repsol
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X