Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Livery Motor Balap Grand Prix dan MotoGP Paling Legendaris

Kompas.com - 16/04/2020, 15:25 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain aksi pebalap yang menawarnai balapan, MotoGP juga menyuguhkan jajaran sepeda motor yang ciamik, baik dari segi desain hingga livery yang digunakan.

Livery motor balap memang mengesankan. Tak jarang livery motor balap kemudian dijadikan edisi jalan raya, seperti Honda CBR2500RR Repsol, Yamaha YZF-R25 Monster Energy atau Suzuki GSX-R150 Ecstar.

Baca juga: MotoGP Mandlika Dapat Tambahan Kontrak Jadi 10 Tahun

Tak sedikit juga yang menyontek desain livery motor balap jadul untuk modifikasi. Bisa dibilang, desain kostum motor balap adalah cara mudah mendongkrak penampilan motor standar.

Tentu saja tidak semua livery motor balap terutama MotoGP disukai semua orang. Untuk memperlihatkan kerennya motor-motor era Grand Prix atau MotoGP, berikut lima livery yang cukup legendaris.

Suzuki RGV500 Lucky Strike Suzuki RGV500 Lucky Strike

1. Suzuki RGV500 Lucky Strike

Satu lagi livery motor dengan sponsor rokok yang melegenda, Suzuki RGV500 Lucky Strike. Motor yang dipakai oleh Kevin Schwantz.

Desainnya sebetulnya cukup sederhana, yakni perpaduan merah dan putih. Namun di situ letak keunggulan livery ini dengan adanya logo besar "Lucky Strike'' di sisi samping.

Livery Suzuki pun digemari oleh konsumen. Suzuki kemudian membuatkan livery ini untuk motor versi jalan raya yaitu Suzuki RGV-T250 SP (Special Production).

Honda NSR500 Rothmans Honda NSR500 Rothmans

2. Honda NSR500 Rothmans

Livery motor balap di Grand Prix era 80'an bisa disebut sebagai salah satu yang terbaik. Di era ini banyak perusahaan rokok yang ikut serta karena belum dilarang, salah satunya ialah Honda NSR500 Rothmans.

Livery ini cukup legendaris dan sering dipakai oleh motor-motor edisi jalan raya. Salah satunya ialah Honda NSR250 di film Full Throttle produksi 1995 yang diperankan oleh aktor Hong Kong Andy Lau.

Sampai saat ini livery Rothmans pun masih sering dipakai oleh yang gemar modifikasi. Bukan hanya tipe motor sport, tapi juga di luar itu bahkan sampai skuter mini 2-tak yang sempat naik daun.

Suzuki RGV500 Pepsi Suzuki RGV500 Pepsi

3. Suzuki RGV500 Pepsi

Merupakan livery yang dipakai Kevin Schwantz pertama kali pada 1989 atau lebih tua ketimbang edisi Lucky Strike. Namun pesona livery-nya masih memikat penggemar balap motor hingga saat ini.

Baca juga: MotoGP 2020 Bisa Dibatalkan

Livery klasiknya masih disukai karena di MotoGP zaman sekarang bisa dibilang tidak ada yang punya desain seperti ini, yaitu motor balap dengan banyak aksen putih yang membuat tampilan motor jadi bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com