Di Rumah Aja, Cara Mudah Bikin Motor Dijauhi Maling

Kompas.com - 19/04/2020, 09:41 WIB
Ilustrasi pengaman pada rem cakram Ilustrasi pengaman pada rem cakram
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik sepeda motor yang resah jika harus parkir di luar atau bahkan di dalam garasi. Sebab motor merupakan salah satu barang favorit incaran maling.

Meski kini beberapa model sudah memakai fitur keamanan tambahan seperti pengunci magnetis atau bahkan smart key (keyless), tetap tak menjamin motor lolos dari tangan pencuri.

Baca juga: Saat PSBB Diterapkan, Masih Banyak Pengguna Kendaraan yang Tak Pakai Masker

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adi Mustika (DAM), mengatakan, sebagai tambahan pengaman bisa memakai kunci tambahan, dua model yang paling mudah ialah ''model U" dan kunci cakram.

Pelaku balap liar dan sepeda motornya diamankan Satlantas Polresta Pekanbaru, Riau, Sabtu (11/4/2020) malam.Dok. Satlantas Polresta Pekanbaru Pelaku balap liar dan sepeda motornya diamankan Satlantas Polresta Pekanbaru, Riau, Sabtu (11/4/2020) malam.

"Pakai pengaman yang model U, ditaruh di sela roda, bisa jari-jari atau pelek palang. Tapi, paling sederhana penggunaannya adalah pengunci cakram," kata Wahyudin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Knalpot Motor Ngelitik Usai Dipakai, Ini Alasannya

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan menambahkan, idealnya motor menggunakan kunci pengaman tambahan, karena bisa menghambat pencuri beraksi.

"Pengaman tambahan bisa menggunakan gembok cakram. Minimal pelaku harus dua kali dalam melakukan tindak kejahatan, yaitu membuka gembok cakram dan membobol kunci kontak," ujar Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.