Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa sih Fungsi Safety Car MotoGP?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum balapan MotoGP dimulai bakal ada mobil bertuliskan Safety Car yang mengelilingi sirkuit. Mobil ini akan keluar sebelum pebalap melakukan warm up lap atau pemanasan.

Meski terkesan hanya seremoni, ada tugas besar yang dibawa oleh Safety Car. Sesuai namanya mobil ini digunakan untuk memastikan keselamatan pebalap terutama yang mengangkut sirkuit.

Selain menandakan balapan akan dimulai, Safety Car bertugas menginspeksi kondisi sirkuit apakah ada sesuatu yang bakal mengganggu jalannya balapan, haruskah diundur atau dihentikan.

Pengecekan yang dilakukan meliputi apakah ada oli yang tercecer, atau benda lain yang dapat membahayakan pebalap, sekecil apapun benda tersebut.

Di dalam Safety Car terdapat dua orang, pengemudi dan navigator. Keduanya berkoordinasi dengan Race Direction untuk memberikan laporan mengenai kondisi sirkuit.

Setelah inspeksi alias lap pertama selesai, Safety Car tidak langsung masuk pit lane tapi berada di belakang barisan terakhir. Mobil akan mengikuti jalannya balapan pada lap pertama.

Mengapa demikian sebab lap pertama cukup krusial dan bisa terjadi insiden. Terutama di tikungan. Setelah pebalap melewati lap pertama Safety Car baru masuk ke pit.

Mengutip BoxRepsol, jika terjadi kecelakaan parah, maka tim keselamatan termasuk Safety Car dan ambulan akan masuk sirkuit mensterilkan sirkuit sebelum kembali mulai balapan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/19/100100315/apa-sih-fungsi-safety-car-motogp-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke