Di Tengah Pandemi, Pilih Kredit Mobil Baru atau Beli Tunai Seken?

Kompas.com - 16/04/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi membeli mobil istimewaIlustrasi membeli mobil

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli secara kredit atau dicicil masih jadi pilihan sebagian orang dalam memiliki kendaraan baru. Namun, bagi yang memiliki dana terbatas, sebetulnya ada pilihan lain, dengan membeli mobil bekas yang harga lebih terjangkau.

Saat pandemi virus corona atau Covid-19 seperti sekarang, dua pilihan tersebut punya untung rugi tersendiri.

Harga mobil bekas saat ini sudah lebih murah dibandingkan bulan lalu, lantaran stok yang melimpah tidak sebanding dengan jumlah peminat di pasaran.

Baca juga: Imbas Pandemi, Banyak Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta

 

Kredit kendaraan jadi alternatif pembayaran yang mendominasi transaksi jual beli saat ini.Zulkifli BJ Kredit kendaraan jadi alternatif pembayaran yang mendominasi transaksi jual beli saat ini.

Sementara mobil baru tidak kalah menggiurkan, sejumlah diler tengah memberikan beragam promo dan diskon bagi konsumennya.

Budi Rahardjo, Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning, mengatakan, secara umum membeli mobil baru lebih banyak untung ketimbang beli mobil bekas.

“Untuk pembelian secara kredit, bunga mobil baru lebih rendah daripada mobil bekas. Belum lagi kita bisa dapat diskon yang cukup besar, dan beragam penawaran menarik lainnya,” ujar Budi, kepada Kompas.com (15/4/2020).

Baca juga: Perpanjang Masa Berlaku SIM dan STNK Selama PSBB Dapat Keringanan

 

Salah satu unit mobil bekas yang ditawarkan bisa dibeli secara kredit di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu unit mobil bekas yang ditawarkan bisa dibeli secara kredit di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).

“Selain itu konsumen juga dibebaskan dari biaya perawatan berkala, karena biasanya masih gratis, atau dapat paket servis yang termasuk dalam pembelian,” katanya.

Walau demikian, memilih mobil bekas juga tak ada salahnya. Apalagi saat ini harga mobil bekas di pasaran sedang menurun.

Budi menambahkan, membeli mobil secara kontan sah saja dilakukan, dengan mempertimbangkan kesehatan finansial.

Baca juga: Apakah Sekarang Waktu Tepat Berburu Mobil Bekas?

Ilustrasi kredit mobilistimewa Ilustrasi kredit mobil

Namun konsumen harus menyiapkan dana tambahan untuk perbaikan, serta biaya surat-surat, seperti untuk balik nama atau pajak kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X