Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pasar Mobil Bekas Bisa Kembali Bergairah?

Kompas.com - 15/04/2020, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah diterapkan di Jakarta dan menyusul beberapa daerah di wilayah Banten dan Jawa Barat, secara langsung telah berdampak pada industri otomotif, salah satunya pasar mobil bekas.

Aturan ini bahkan telah menutup secara penuh sejumlah diler mobil, termasuk showroom mobil bekas. Sejumlah pedagang mengaku, saat masa pandemi seperti sekarang, penjualan cenderung anjlok.

Meski pasar mobil bekas cenderung anjlok saat pandemi virus corona atau Covid-19, sejumlah pedagang memprediksi memiliki peluang peningkatan saat waktu-waktu tertentu.

Baca juga: Bantu Driver Dapat Penghasilan, Gojek dan Grab Tagih Janji Permenhub

Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)KOMPAS.com/ Ryana Aryadita Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88, mengatakan, kebiasaan dari tahun ke tahun situasi saat Lebaran bisa memicu meningkatnya penjualan mobil.

“Saya lihat mungkin nanti ada kenaikan karena masih boleh mudik. Tapi kita bicara ekonomi masyarakat, apakah menunjang atau tidak untuk merayakan Lebaran,” ujar Fischer, kepada Kompas.com (14/4/2020).

“Pasti akan ada kenaikan dibandingkan April ini, tapi jangan dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu,” katanya.

Baca juga: Lokasi Razia Kendaraan Selama PSBB Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor

Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).

Sementara itu, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, tak menampik jika masa Lebaran biasanya pasar mobil bekas cenderung meningkat.

Namun untuk benar-benar kembali pada kondisi normal, menurut Herjanto baru bisa terjadi menjelang akhir tahun 2020 atau bahkan awal 2021.

“Pemicunya karena kemarin pemerintah bilang mau kasih kebijakan cuti bersama di akhir tahun, itu akan sangat terasa di end user. Mereka akan mulai cari mobil di November, untuk dipakai Desember sampai Januari,” ucap Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com