Apakah Sekarang Waktu Tepat Berburu Mobil Bekas?

Kompas.com - 15/04/2020, 07:32 WIB
Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV Kompas.com/Setyo AdiIlustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyebaran virus corona atau Covid-19 telah berdampak besar bagi perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah yang menjadi episentrum pandemi. Beberapa orang sampai harus menjual mobil pribadinya untuk memenuhi kebutuhan.

Presiden Direktur Mobil 88 Halomoan Fischer, mengatakan, tren orang menjual mobil pada April ini mengalami peningkatan dibanding bulan lalu.

Kondisi ini secara langsung membuat stok mobil di pasar mobil seken bertambah banyak, sementara konsumen yang membeli lebih sedikit.

Baca juga: Bantu Driver Dapat Penghasilan, Gojek dan Grab Tagih Janji Permenhub

Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekasKompas.com/Dio Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

“Saat suplai banyak, demand berkurang, harganya otomatis turun,” ujar Fischer kepada Kompas.com (14/4/2020).

Artinya buat konsumen yang menjual mobil saat ini, sebetulnya agak rugi. Sebab mobil pasti ditawar pedagang dengan harga yang rendah.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, penurunan harga bisa mencapai 30 persen. Sementara mobil segmen menengah ke atas atau mobil Eropa kemungkinan bisa lebih besar.

Baca juga: Lokasi Razia Kendaraan Selama PSBB Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor

Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi.Mobil88 Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi.

Sekarang ini demand berkurang karena semua orang mikirnya kesehatan dan keselamatan dulu, enggak mikir beli mobil,” ucap Herjanto.

Oleh sebab itu, bagi kaum berduit saat ini tentu merupakan waktu yang tepat untuk beli mobil. Bisa dibilang harga mobil bekas saat ini lagi murah-murahnya.

Toyota Camry Hybrid di pasar mobil bekasOLX Toyota Camry Hybrid di pasar mobil bekas

Komentar serupa juga disampaikan pemilik showroom mobil bekas lainnya. “Kalau punya uang mending beli sekarang, karena lagi turun banget,” kata Bimo Maliki, pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall, Jakarta Selatan.

“Ada yang turun sedikit, ada yang turun hampir separuhnya. Contoh mobil mewah di harga Rp 1 miliar, seperti sedan mewah atau SUV besar, sekarang cuma Rp 700 jutaan,” ujar Bimo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X