Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumus Mudah Kapan Waktu Tepat Mengganti Busi Kendaraan

Kompas.com - 09/04/2020, 19:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertanyaan yang sering ditanyakan ialah kapan waktu yang tepat mengganti busi kendaraan. Jawabannya bisa berdasarkan jarak atau kilometer (km), waktu, atau juga kondisi fisik busi.

Namun demikian, Diko Oktaviano selaku Aftermarket Technical Support NGK Busi Indonesia, mengatakan, paling mudah yaitu dengan patokan kilometer, karena jika melihat kondisi fisik cukup sulit harus bongkar busi.

Baca juga: Penting Bunyikan Klakson Sebelum Mengemudi, Ini Alasannya

Cek busi motor sendiri saat WFHNGK Cek busi motor sendiri saat WFH

"Kriteria penggantian busi yakni berdasarkan Km dan fisik. Tapi kalau dari fisik artinya harus sering mengecek busi, dan sulit menentukan kondisinya, jadi paling gampang dari Km," kata Diko saat sesi tanya jawab lewat Instagram live, Kamis (9/4/2020).

Diko mengatakan, busi standar NGK bisa bertahan sampai 6.000 km, setelah itu harus ganti. Walaupun patokan itu juga tidak mutlak karena tergantung banyak hal seperti kondisi jalan dan intensitas pemakaian.

Untuk itu kata Diko, bisa dicari rumus mudahnya kapan waktu yang tepat harus ganti busi. Caranya yaitu masa pakai busi sebesar 6.000 km dibagi dengan rata-rata jarak tempuh per hari.

Busi MotorFoto: NGK Busi Motor

"Misalkan dalam satu hari kita rata-rata berpergian jarak 10 km. Dibuat saja sampai 6.000 km itu berapa lama. Misalkan sampai tiga bulan, itu saja yang dipegang, dikaitkan dengan periode," katanya.

Baca juga: Perhatikan Pola Operasional Bus Transjakarta Selama PSBB

Diko mengingatkan, jangan kompromi dengan kesehatan busi. Sebab busi yang baik berpengaruh pada kinerja mesin. Jangan sampai karena malas mengganti busi kemudian mobil atau motor malah mogok.

"Lebih baik melakukan pencegahan, preventif ketimbang sudah rusak. Misalkan buat pengendara ojol, misalkan kita kompromi (ganti busi) dan motor mogok saat membawa penumpang kan tidak enak," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com