Penting Bunyikan Klakson Sebelum Mengemudi, Ini Alasannya

Kompas.com - 09/04/2020, 14:12 WIB
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengemudikan mobil sembari berkencan bersama sang istri, Tun Siti Hasmah Mohamad Ali, ke Kuala Lumpur Sabtu (23/11/2019). Twitter/DRMAHATHIRMOHAMAD via The Straits TimesPerdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengemudikan mobil sembari berkencan bersama sang istri, Tun Siti Hasmah Mohamad Ali, ke Kuala Lumpur Sabtu (23/11/2019).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum mulai mengemudikan mobil tentunya harus melakukan berbagai persiapan untuk memastikan agar perjalanan bisa aman dan nyaman.

Persiapan ini selain dari segi kondisi mesin yang prima, juga dari kesiapan kondisi fisik pengemudi itu sendiri.

Tetapi, ada beberapa kebiasaan yang disarankan untuk dilakukan saat akan memulai mengemudikan kendaraan roda empat.

Di antaranya adalah melakukan pemeriksaan di sekitar mobil parkir dan juga membunyikan klakson mobil satu kali.

Baca juga: Ini Warna Motor Bekas yang Kurang Diminati Pembeli

Langkah ini, menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI), Sony Susmana perlu dilakukan untuk memastikan keamanan sebelum mengemudi.

Sony menambahkan, membunyikan klakson satu kali bisa dilakukan saat berada di tempat parkir dan bukan di lingkungan rumah sakit atau tempat ibadah.

Ilustrasi membunyikan klakson.Shutterstock Ilustrasi membunyikan klakson.

“Salah satu alasannya adalah untuk keamanan, dengan membunyikan klakson maka orang yang mendengar akan menjauh dari mobil yang akan berjalan,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, selama ini banyak kejadian terjadinya tabrakan saat kendaraan baru jalan. Salah satunya, karena orang yang ada di sekitar mobil tidak menyadari bahwa mobil sedang berjalan.

“Banyak dari pengemudi yang dalam mengemudi sering nabrak di kondisi baru akan jalan,” ucapnya.

Membunyikan klakson ini tidak hanya dilakukan saat mobil akan bergerak maju saja. Tetapi, saat mobil akan berjalan mundur juga perlu membunyikan klakson sebanyak tiga kali. 

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual, Jangan Parkir Sambil Masukan Gigi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X