Perhatikan Pola Operasional Bus Transjakarta Selama PSBB

Kompas.com - 09/04/2020, 13:31 WIB
Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) mulai Jumat (10/4/2020). Diterapkannya PSBB ini tentunya untuk mempercepat penanganan virus corona atau Covid-19

PSBB yang diterapkan tentunya berlaku pada kendaraan umum dan pribadi. Kendaraan umum tetap boleh beroperasi dengan syarat melakukan physical distancing saat berada di kabin maupun di halte.

Salah satu moda transportasi umum yang masih beroperasi saat PSBB yaitu Transjakarta. Sebelum PSBB diberlakukan, Transjakarta sudah membuat peraturan untuk mengurangi penyebaran virus corona pada armadanya.

Baca juga: PSBB Jakarta Berlaku Jumat, Ini Syarat Melintas Motor dan Mobil Pribadi

Halte Transjakarta Karet Sudirman Koridor 1

Direktorat Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta (Maret, 2020) Halte Transjakarta Karet Sudirman Koridor 1

Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, mengatakan, ada penambahan peraturan pada pola operasional bus Transjakarta.

“Ketika PSBB sudah berlaku Jumat nanti, ada perubahan jam operasional Transjakarta. Jika sebelumnya mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB, saat diberlakukannya PSBB, hanya sampai jam 18.00 WIB,” ucap Nadia dalam siaran resmi.

Nadia juga mengatakan kalau bus Transjakarta yang beroperasi hanya yang ada di koridor. Bus wisata, feeder, bus gratis, mikrotrans, dan rombongan tidak beroperasi agar bisa menekan penyebaran virus corona.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Belum Ada Pembatasan Akses ke Jakarta | Mobil Pribadi Tak Dilarang Masuk Jakarta

Adapun peraturan yang berlaku pada layanan bus Transjakarta saat PSBB DKI Jakarta yaitu:

1. Pembatasan waktu layanan halte dari mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB

2. Pelayanan bus yang hanya beroperasi di dalam 13 koridor utama

3. Pembatasan jumlah pelanggan maksimal di dalam bus yakni 60 orang untuk bus gandeng, 30 orang untuk bus besar, dan 15 orang untuk bus sedang

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X