Bus Pakai Fitur Panoramic Roof Ternyata Malah Tak Digemari

Kompas.com - 03/04/2020, 19:22 WIB
bus sky view youtubebus sky view

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil mewah yang ada di pasaran, banyak yang sudah memiliki fitur sun roof atau yang lebih besar lagi yaitu panoramic roof. Adanya atap kaca ini bisa membuat cahaya dari atas masuk ke kabin dan terasa lebih luas.

Adanya kaca di atap ternyata juga pernah digunakan oleh karoseri bus. Karoseri bus yang membuat bus dengan atap kaca yaitu Adi Putro.

Atap bus memang tidak sepenuhnya terbuat dari kaca, hanya bagian tengahnya, tepat diatas lorong kabin.

Penyebab kaca yang hanya di bagian tengah saja yaitu di bagian atas kursi penumpang ada lubang pendingin udara dan bagasi kabin. Bus ini pernah dipamerkan oleh Karoseri Adi Putro pada tahun 2016.

Baca juga: Amankah Berkendara Motor di Tengah Maraknya Penyebaran Virus Corona?

bus sky viewhaltebus.com bus sky view

Rifandy Adrianto, Marketing Staff dari Karoseri Adi Putro, mengatakan, memang benar pernah memproduksi bus dengan atap kaca yang dinamai sky view, tetapi untuk sekarang, sudah tidak diproduksi lagi.

“Sudah enggak bikin, terakhir 2016. Inovasi ini memang cukup menggebrak pasaran. Dihentikan produksinya karena ada keluhan pada pendinginan yang kurang maksimal,” ucap Rifandy kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Eks Taksi, Mulai Rp 60 Jutaan Bisa Dapat Sedan

Bahan kaca yang digunakan memang bisa diredupkan agar cahaya dari luar bisa berkurang yang masuk ke kabin. Tetapi karena menggunakan kaca, panas tetap bisa menembus jadi tetap panas di dalam kabin.

“Untuk unit yang pakai sky view tidak begitu banyak karena tidak dirinci pernah produksi berapa,” kata Rifandy.

Salah satu Perusahaan Otobus (PO) yang menggunakan bus dengan sky view yaitu Sempati Star dengan trayek Medan – Birun. Adanya atap sky view ini juga menjadikan bus semakin terasa mewah dan kabin semakin luas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X