Mobil Terbakar Tiba-tiba, Jangan Panik dan Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 03/04/2020, 19:01 WIB
Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba trofire.comIlustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa mobil terbakar di jalan tol beberapa waktu lalu, bukan kali pertama terjadi. Meski begitu, kejadian ini tetap membuat banyak orang panik.

Sebab setiap mobil memiliki potensi untuk terbakar, oleh karena itu kita harus waspada saat berkendara di manapun.

Bisanya tanda-tanda ketidakberesan muncul, seperti asap dari kap mesin atau tanda lainnya. Sebaiknya pengemudi awas dengan hal ini, sebelum api mulai membesar ada baiknya membawa mobil ke pinggir jalan untuk kemudian melakukan tindakan pertolongan.

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, mengingatkan para pengemudi untuk tetap tenang dan tidak panik jika mobil tiba-tiba terbakar.

Baca juga: Perlu atau Tidak Bersihkan Setir Mobil Pakai Disinfektan?

“Banyak pengemudi mobil yang tidak siap dan panik ketika menghadapi kendaraannya yang terbakar, karena takut menyambar ke tanki dan meledak. Ketidaksiapan inilah yang membuat pikiran jadi blank dan panik, sehingga apapun yang dilakukan pasti salah,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (03/04/2020)

Ilustrasi berkendara amanSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara aman

Baca juga: Jangan Lupakan Pentingnya Rotasi Ban Mobil

Sony melanjutkan, “Segera lakukan proses evakuasi dengan tenang, hal ini memang susah dilakukan bagi yang tidak biasa.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencopot safety belt diri sendiri kemudian baru penumpang lain. Setelah itu cari arah evakusasi yang jauh dari sumber api,” ujar Sony.

Tidak disarankan untuk mengurusi barang bawaan atau barang yang tertinggal di dalam mobil, karena nyawa adalah taruhannya. Keselamatan diri adalah prioritas utama. Selain diri sendiri, penumpang juga merupakan prioritas untuk diselamatkan.

“Setelah semua dievakuasi, segera menjauh dari kendaraan dan menunggu pertolongan pemadam kebakaran. Akan lebih baik jika mempersiapkan peralatan keselamatan saat berkendara seperti alat pemadam api portabel untuk dimobil,” ujar Sony.

Selain itu, sebelum berkendara pemilik mobil sebaiknya selalu mengecek safety belt, apakah berfungsi dengan normal. Hal ini merupakan tindakan preventif bagi pemilik kendaraan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X