3 Motor Lawas yang Lagi Marak Direstorasi

Kompas.com - 03/04/2020, 15:42 WIB
Honda Win 100 custom semi trail. Nur ImamHonda Win 100 custom semi trail.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren restorasi sepeda motor tidak pernah surut, hanya objeknya saja yang berganti-ganti. Contohnya seperti tren restorasi bebek retro yang ramai beberapa tahun ke belakang.

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio, di Depok, Jawa Barat, mengatakan, tren restorasi bebek khsusunya bebek retro 4-tak memang meledak beberapa tahun terakhir tapi kini sudah mulai redup.

" Restorasi bebek 4-tak sudah mulai berkurang ya saya lihat. Sekarang justru lagi bangkit yang 2-tak. Yamaha, Suzuki yang marak Force1, F1ZR, V80 dan Suzuki RC100," kata Diwa kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Pasaran Harga Bebek Legendaris Suzuki Shogun Masih Murah

RX King SE 2003 terjual Rp 150 jutaFoto: Istimewa RX King SE 2003 terjual Rp 150 juta

Wahyu mengatakan, tren bebek retro merupakan anomali yang tumbuh beriringan bersamaan dengan geliat custom culture atau dunia custom di Indonesia.

"Restorasi itu logikanya nyari yang langka. Ketika jadi tren pasti nyari lagi yang lain, intinya tidak mau disamain. Pertama pasti lahir dari orang nyeleneh, dan kemudian diikuti orang lain," katanya.

"Menurut saya bahkan bukan cuma di dunia otomatif saja tapi di semua bidang, apalagi fashion. Ketika ada yang baru, bagus, kemudian diterima jadi tren, siklusnya ya seperti itu saja," kata Wahyu.

Honda Astrea Grand Foto: Mohammad Ghalib Honda Astrea Grand

1. Honda Astrea Grand

Honda Astrea Grand terutama yang bagian buritannya masih lurus atau sering disebut sebagai "Grand Bulus" atau "Pantat Monyet" menjadi alternatif untuk tampil beda tapi dengan dana yang terbatas.

Tak jarang astrea Grand yang makin sering dijumpai di jalan raya, dikendarai anak muda ''necis'' dengan kondisi motor "kinclong" terlihat baru.

Fenomena ini pun turut dirasakan oleh para pengguna bebek retro. Byon Aryawan salah satunya, anggota C'Duck Astrea pemilik Astrea Grand yang juga hasil restorasi, mengatakan, bangga naik Astrea Grand Bulus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X