Resmi, Yamaha Indonesia Hentikan Produksi Imbas Virus Corona

Kompas.com - 03/04/2020, 14:22 WIB
Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang. Youtube-Yamaha Motor Official ChannelProses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi telah menghentikan aktivitas produksi kendaraan bermotor secara sementara, imbas pandemi virus corona alias Covid-19 di Tanah Air.

Pemberhentian kegiatan di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur dilaksanakan selama dua pekan, mulai hari ini Jumat (3/4/2020) hingga 20 April 2020 mendatang.

Executive Vice President Director PT YIMM Dyonisius Beti mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang membuat perseroan menghentikan sementara produksi motor.

Satu di antaranya ialah mengikuti imbauan pemerintah pusat dan daerah setempat dalam mengurangi potensi penyebaran virus corona.

Baca juga: Imbas Corona, Honda Stop Sementara Produksi Mobil di RI

Produksi Yamaha Mio di pabrik Yamaha Karawang.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Produksi Yamaha Mio di pabrik Yamaha Karawang.

"Sesuai dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi kegiatan sampai level minimum dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona, pabrik kami setop sementara. Kami akan beroperasi kembali pada 20 April 2020," ujar Dyonisius saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Kemudian, penghentian produksi juga dilakukan untuk keselamatan dan kesehatan karyawan. Dengan dihentikannya produksi, karyawan terkait bisa tetap tinggal di rumah sembari menjalani hidup bersih dan sehat.

"Melalui keputusan ini, karyawan jadi aman dan sehat, masyarakat tidak terpapar lebih luas. Tentu, kami akan membayar gaji karyawan secara penuh walau ada pemberhentian sementara. Hingga saat ini, karyawan kami belum ada yang terpapar virus corona," kata Dyon.

Baca juga: Toyota Mulai Membatasi Aktivitas Produksi di Indonesia

Yamaha R25 sedang dirakit di pabrik YIMM di Pulogadung.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Yamaha R25 sedang dirakit di pabrik YIMM di Pulogadung.

Meski demikian, Yamaha Indonesia masih melakukan pelayanan pembelian dan purna jual kendaraan. Hanya saja ada sedikit penyesuaian supaya meminimalisir kontak fisik dan mendukung aturan work from home (WFH).

"Pelayanan di diler masih tetap seperti biasa. Namun bagi konsumen yang tidak bisa datang ke dealer dapat menghubungi diler untuk melakukan pemesanan dan pembelian melalui telephone ataupun online. Untuk kegiatan service, bisa dengan memanfaatkan servis kunjung yamaha (SKY)," ujar Public Relation YIMM Antonius Widiantoro.

"Kami memang mengimbau agar konsumen atau calon konsumen bisa stay at home, biar kami yang datang ke tempat konsumen," lanjutnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X