Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Menghilang dari Kalender Balap Formula E 2020

Kompas.com - 11/03/2020, 14:00 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana ditundanya balap Jakarta E-Prix yang sedianya berlangsung 6 Juni 2020, membuat Jakarta menghilang dari kalender balap Formula E. Kabar ini langsung termuat dalam laman resmi FIA Formula E, Rabu (11/3/2020).

Balap di Jakarta yang rencananya akan berlangsung setelah balap di Seoul pada 3 Mei 2020, mendadak hilang. Dari Korea Selatan, balap Formula E akan langsung berlangsung di Berlin, Jerman, pada 21 Juni 2020.

Jakarta menyusul Sanya di China dan Roma di Italia yang hilang dari daftar penyelenggaraan ajang balap ini. Penyebaran virus corona atau COVID-19 jadi alasan di balik penundaan Formula E.

Baca juga: Ke Mana Air dari Toilet Bus Dibuang, Apakah Langsung ke Jalan?

Kondisi kawasan Monumen Nasional setelah penebangan 205 pohon untuk revitalisasi di Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan sementara proyek revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebelumnya, menurut kontraktor, pengerjaan revitalisasi Monas sudah 88 persen. Ditargetkan rampung pada 15 Februari 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kondisi kawasan Monumen Nasional setelah penebangan 205 pohon untuk revitalisasi di Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan sementara proyek revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebelumnya, menurut kontraktor, pengerjaan revitalisasi Monas sudah 88 persen. Ditargetkan rampung pada 15 Februari 2019.

“Dengan bertambahnya jumlah kasus COVID-19 di negara-negara di mana Formula E akan diadakan, kami sedang mengevaluasi rencana darurat untuk mengurangi dampak potensial dari virus corona,” ujar Alberto Longo, Co-Founder Formula E, dalam keterangan resminya.

Artinya, kompetisi Formula E musim 2020 hanya menyisakan enam seri lagi, yaitu Perancis, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris.

"Ini adalah situasi yang berubah-ubah, berkembang setiap hari dan kami tetap realistis dan fleksibel dalam pendekatan kami terhadap opsi-opsi alternatif, yang akan dikomunikasikan pada waktunya," ucap Longo.

Baca juga: Satria 2-tak Termahal, Tembus Rp 45 Juta

Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.Motorsport.com Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.

Jakarta belum dapat dipastikan masih akan menyelenggarakan ajang balap ini atau tidak. Sebelumnya PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara lebih memilih langkah preventif untuk menunda Jakarta E-Prix.

“Setelah berdiskusi intensif dengan Formula E Championship dan pemangu kepentingan terkait kami sampai pada kesepakatan bahwa Jakarta E-Prix ditunda pelaksanaannya,” kata Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakpro, dalam keterangan resmi (11/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com