Penyebab dan Efek Tangki BBM Motor Berkarat

Kompas.com - 11/03/2020, 12:42 WIB
Deretan tangki motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018). Kompas.com/Alsadad RudiDeretan tangki motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap tangki sepeda motor punya batas sendiri sampai akhirnya timbul karat. Meski demikian, ada beberapa faktor yang menyebabkan tangki lebih cepat berkarat dari batas normalnya.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, mengatakan, bagian dalam tangki berkarat karena penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dan bensin terlalu lama diam di dalam tangki.

Baca juga: Anies Tunda Formula E Jakarta, Ini Kata Penyelenggara

"Bisa juga diakibatkan jarangnya pengisian bahan bakar secara full tank. Karena jika ada ruang kosong di dalam tanki bahan bakar bisa menguap dan menimbulkan embun yang berakibat timbulnya karat di tangki," kata Asep kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Emblem bertuliskan JOKOWI yang terpasang di bagian tangki motor custom Kawasaki W175 bergaya tracker garapan bengkel Katros Garage. Motor ini merupakan pesanan dari Presiden Joko Widodo.Youtube/Andi Atenx Akbar Emblem bertuliskan JOKOWI yang terpasang di bagian tangki motor custom Kawasaki W175 bergaya tracker garapan bengkel Katros Garage. Motor ini merupakan pesanan dari Presiden Joko Widodo.

Herman panggilannya, timbulnya karat di bagian dalam tangki secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya karat tersebut akan timbul beberapa tahun ke depan.

"Biasanya jika motor jarang digunakan atau motor tidak digunakan sama sekali biasanya satu tahun kemudian karat itu akan timbul," katanya.

Baca juga: Daftar Satria 2-tak Incaran Para Kolektor

Jika bagian dalam tangki berkarat maka akan merugikan. Beberapa hal yang bisa terjadi ialah tangki jadi bocor karena proses korosi, hal ini kerap terjadi di motor sport atau batangan berusia tua.

"Karat akan menimbulkan kebocoran tangki bahan bakar dan akan adanya penyumbatan di bagian saluran bahan bakar, sehingga saluran bahan bakar tidak lancar," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X