Tips Memilih Spion untuk Motor Modifikasi

Kompas.com - 11/06/2019, 11:02 WIB
Spion Yamaha NMAX dengan sein LED bahan plastik ABS Otomania/Setyo AdiSpion Yamaha NMAX dengan sein LED bahan plastik ABS

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi utama spion pada sepeda motor sangat penting, yaitu untuk merefleksikan situasi dan kondisi yang ada di belakang ketika sedang berkendara. Oleh sebab itu, apabila punya rencana untuk mengganti disarankan tetap sesuai dengan ketentuan atau aturan.

Pasalnya, penggunaan spion motor juga sudah diatur dalam Undang-undang. Sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan spion bisa dikenakan sanksi berupa denda Rp 250.000 karena sudah melanggar UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Jangan Biasakan Taruh Helm di Spion Motor

"Selain sebagai penunjang keselamatan berkendara, spion juga berguna sebagai aksesori penambah nilai estetika motor yang sudah dimodifikasi atau di- custom," ujar Andi Akbar, builder dari Katros Garage, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Atenx menambahkan, posisi spion motor juga perlu diperhatikan. Sebaiknya jangan mengganggu pandangan ke belakang, tidak terganggu oleh posisi lengan, dan tidak bergetar saat motor sedang melaju.

Baca juga: Tren Baru Spion di Kalangan Biker

Sebaiknya, pilih spion dengan kaca yang cembung juga memberikan penglihatan yang lebih jelas dan bisa meminimalisir blind spot.

"Pilihlah spion motor yang sesuai dengan selera, gaya motor, atau aliran modifikasi yang diterapkan. Selain itu, pantulan dari kaca spion juga harus jelas," kata pria yang juga akrab disapa Atenx itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X